Wakil Bupati Garut Akui Kecolongan Ada Ladang Ganja di Kawasan Wisata Situ Cangkuang

- Kamis, 2 Februari 2023 | 14:46 WIB
Ilustrasi ganja. (Freepik pikisuperstar)
Ilustrasi ganja. (Freepik pikisuperstar)

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengaku kecolongan dengan keberadaan ladang ganja di kawasan wisata Situ Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Ia mengatakan pemerintah daerah termasuk petugas lapangan di sekitar tempat wisata Situ Cangkuang tidak tahu bahwa di daerah itu ada tanaman ganja, padahal tempatnya tergolong sering dilewati masyarakat.

"Kami kecolongan padahal itu tempat ramai, tidak ada yang tahu petugas kami di sana," katanya.

Baca Juga: Ganja hingga Sabu, Ini Barang Bukti Revaldo Terkait Narkoba: Gak Ada Kapoknya!

Ia mengatakan keberadaan tanaman ganja itu tidak diduga sebelumnya, karena selama ini ganja banyak tumbuh dan sengaja ditanam di hutan jauh dari masyarakat.

-
Suasana lahan yang ditanami ganja di Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Warga)

 

Namun saat ini, kata dia, justru sebaliknya ditanam dan tumbuh di tempat yang saat ini justru banyak orang, seperti yang ditemukan di Cangkuang.

"Dulu kan di hutan enggak ada orang, ternyata sekarang tidak hanya di hutan, tapi bisa di perkampungan, tempat-tempat ramai juga bisa," katanya.

Dampak Buruk

Ia berharap pengungkapan kasus ladang ganja itu tidak terjadi lagi di daerah itu, maupun wilayah Garut lainnya, karena ganja bisa memberikan dampak buruk bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

Helmi pun telah meminta kepolisian untuk mengusut tuntas keberadaan ladang ganja di kawasan perkampungan dekat objek wisata Situ Cangkuang.

"Sedang diusut oleh Polres, saya serahkan kepada Polres untuk mengusut tuntas," kata Helmi kepada wartawan melansir Antara, Kamis (2/2/2023).

Minta Warga Lapor

Jika masyarakat mengetahui adanya tanaman ganja, kata Helmi, secepatnya untuk memberitahukan aparatur pemerintah setempat, maupun pihak kepolisian agar secepatnya dilakukan penindakan.

"Begitu ada temuan silakan langsung laporkan kepada kami, atau aparat setempat atau langsung ke kepolisian," katanya.

Sebelumnya, Kepolisian Resor Garut mengungkap kasus ladang ganja di Cangkuang, Kecamatan Leles, kemudian mengamankan satu orang yang diduga penanam ganja tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X