Cakep! 3 Pulau Wisata di Lombok Pakai Listrik Tenaga Matahari

- Kamis, 13 Februari 2020 | 20:55 WIB
Ilustrasi Gili Trawangan, Lombok. (ANTARA/Dhimas Budi Pratama)
Ilustrasi Gili Trawangan, Lombok. (ANTARA/Dhimas Budi Pratama)

Kawasan wisata membutuhkan pasokan listrik yang andal, salah satunya kawasan Tiga Gili (Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan) yang berada di Lombok. Selain kabel laut, PLN memanfaatkan tenaga surya untuk menghasilkan listrik guna mendukung pariwisata di kawasan destinasi favorit Lombok.

Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah menjelaskan, masing-masing pulau tersebut memiliki tiga Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), yaitu PLTS di Gili Air memiliki kapasitas 160 kWp, PLTS Gili Meno sebesar 60 kWp serta PLTS di Gili Terawangan sebesar 600 kWp.

Namun demikian, kata Dwi Suryo, meski menggunakan teknologi canggih berupa listrik tenaga surya dan kabel transmisi bawah laut, namun tarif yang harus dibayar oleh pelanggan tidak ada perbedaan alias sama saja dengan pembangkit listrik lainnya.

"Kalau tarif kan sama dengan yang ditempat lain. Artinya kalau di Jakarta pelanggan 1300 VA tarif per kWh sebesar Rp1.467, maka di Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air  juga sama, pelanggan 1300 VA dikenakan tarif sebesar Rp1467/kWh juga," ujar Dwi Suryo saat dihubungi Indozone,  Kamis (13/2/2020). 

Menurutnya, ketiga pembangkit listrik tersebut beroperasi dari pukul 07.00 WIT hingga pukul 17.00 WIT. Sedangkan untuk sisanya atau pada malam hari, listrik akan dipasok dari Lombok melalui kabel bawah laut.

"Pembangkit ini hanya siang hari beroperasinya. Setelah matahari tenggelam pasokan listrik penuh dari kabel laut," tuturnya.

Saat ini Kawasan Tiga Gili memiliki beban puncak sebesar 5 Mega Watt (MW). Dengan menggunakan kabel laut dari Pulau Lombok dan tiga PLTS, kawasan tersebut memiliki daya mampu listrik mencapai 36 MW.

Tersedianya pasokan listrik diharapkan dapat mendorong tumbuhnya pariwisata di kawasan Tiga Gili.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X