Soal Kerumunan Jokowi di Maumere, PDIP Nilai Tidak Ada Unsur Kesengajaan

- Kamis, 25 Februari 2021 | 11:45 WIB
Presiden Jokowi saat berada di Sikka Maumere, Flores NTT menimbulkan kerumunan warga. (Instagram/Jayalah.negriku)
Presiden Jokowi saat berada di Sikka Maumere, Flores NTT menimbulkan kerumunan warga. (Instagram/Jayalah.negriku)

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen menilai tidak adanya upaya provokasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga terjadi kerumunan di Maumere, Nusa Tenggara Timur.

“Bahwa tidak ada usaha atau provokasi untuk membentuk kerumunan. Tidak ada informasi yang mengajak warga membentuk kerumunan. Jadi, memang bukan dengan sengaja melanggar protokol kesehatan,” kata Nabil kepada wartawan, Kamis (25/2/2021).

Nabil berkata, saat kunjungan tersebut Kepala Negara sudah menyampaikan kepada warga Maumere untuk mengenakan masker dan menaati protokol kesehatan.

“Bahwa, terjadi kerumunan secara spontan, itu tidak bisa terhindarkan. Itu berlangsung sangat cepat. Petugas langsung menertibkan kerumunan,” jelasnya.

Namun demikian, kedepannya menurut Nabil tim Presiden harus bisa mengantisipasi agar tak lagi terulang kerumunan masyarakat saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja.

“Untuk ke depan, saya kira perlu diantisipasi tim Presiden. Misalnya dengan kendaraan patroli bahwa warga sebaiknya menjaga jarak, mematuhi protokol kesehatan,”tutur dia.

“Mari kita bersama-sama patuhi protokol kesehatan, saling menjaga, saling menguatkan untuk menghadapi pandemi ini,” tambahnya.

Sebelumnya diwartakan, video kerumunan masyarakat saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam video yang beredar di media sosial instagram ini, sejumlah warga nampak berkerumun di pinggir jalan sambil menunggu kedatangan Kepala Negara di NTT.

Kemudian, tampak Jokowi yang mengenakan kemeja putih bermasker tersebut melambaikan tangan dari atas mobil kepada masyarakat. Sontak masyarakat pun semakin antusias dan beberapa diantaranya berteriak.

Lalu, terlihat juga Jokowi sempat masuk ke dalam mobil dan membagikan souvenir kepada masyarakat Maumere yang sudah menunggunya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X