Jadi Pembicara di Forum Internasional, Anies Baswedan Jadi Sorotan Publik

- Kamis, 18 Februari 2021 | 12:18 WIB
Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)
Anies Baswedan. (Instagram/@aniesbaswedan)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belum lama ini jadi pembicara pada forum internasional Time to Act: Sustainable Recovery yang diselenggarakan secara virtual.

Forum ini sendiri diikuti anggota forum C40 Cities, jaringan kota besar dunia yang berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim. Momen diskusi virtual itu dibagikan Anies melalui akun Instagram-nya pada Rabu (17/2/2021).

Dalam forum tersebut, Anies berkesempatan bertukar gagasan bersama Mayor of Paris and Chair of C40, Anne Hidalgo, Mayor of Los Angeles, Eric Garcetti, Susan Rockefeller, Michael Bloomberg, dan pemimpin-pemimpin kota dunia lainnya, termasuk Gubernur Tokyo, Yuriko Koike selaku penginisiasi forum.

Anies kemudian mengatakan bahwa semua masyarakat di dunia saat ini sedang dihadapkan dengan momen yang benar-benar menantang karena harus melawan pandemi COVID-19.

"Kita berada dalam momen yang benar-benar menantang. Kita semua terpukul oleh pandemi COVID-19, dan juga dampak perubahan iklim. Namun, kita juga melihat peluang untuk menghasilkan berbagai inovasi, kolaborasi, dan langkah besar untuk mengatasi tantangan tersebut," kata Anies seperti yang dikutip Indozone dari akun Intagram @aniesbaswedan.

Anies kemudian mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil momentum untuk mengatasi berbagai masalah transportasi dan mobilitas di tengah pandemi.

Baca juga: Anies Baswedan Terpilih Sebagai Wakil Ketua C40 Cities untuk Perubahan Iklim

Jakarta kini tidak lagi masuk 10 besar kota paling macet di dunia. Sejak 2020, jumlah pengendara sepeda di Jakarta meningkat hingga 10 kali lipat berkat perubahan paradigma dari sepeda untuk sarana olahraga menjadi moda transportasi sehari-hari. Hal ini membuat udara jadi jauh lebih bersih.

"Kami juga melihat kesempatan ini untuk lebih mendorong integrasi berbagai moda transportasi umum, sehingga mampu melipatgandakan jumlah penumpang angkutan umum harian mencapai 1 juta penumpang dalam waktu 3 tahun. Dan membuat jalur sepeda 96 km dari 500 km yang direncanakan, dan didukung oleh 52 titik berbagi sepeda," ujar Anies.

Unggahan Anies pun kemudian dibanjiri pujian dan semangat dari netizen.

"Terlalu mempesonaaaaah sehat selalu Bapak," kata @hasanah12339.

"Ane bukan warga DKI tapi bangga bgt sma Pak Anies," kata @mqori_abdillah.

"Bangga banget deh sama Bapak," kata @simudsipit.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X