Peneliti Buat Masker Hidung Saja untuk Digunakan saat Makan & Berbicara, Efektif?

- Sabtu, 27 Maret 2021 | 19:31 WIB
Masker hidung. (Photo/REUTERS)
Masker hidung. (Photo/REUTERS)

Memakai masker sudah terbukti secara ilmiah bisa mengurangi risiko tertular Covid-19, tapi bagaimana jika ingin makan sambil memakai masker? Nah, para peneliti di Meksiko telah menciptakan solusi untuk hal itu, dengan membuat masker Covid khusus hidung.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (27/3/2021), orang-orang yang memakai masker hidung tersebut mengatakan bahwa setelah mereka melepas masker untuk makan atau minum membuat seseorang terpapar virus Covid-19.

-
(Photo/REUTERS)

Dengan memakai masker khusus hidung ini, pengguna masih bisa terlindungi hingga batas tertentu. Meskipun itu mungkin terdengar konyol pada awalnya, itu memang memiliki logika di baliknya.

-
(Photo/REUTERS)

Baca juga: Kreatif! Pria Ini Gunakan Pancing untuk Selamatkan Bocah 11 Tahun yang Terjebak di Es

Menurut Universitas John Hopkins di Amerika Serikat, sel yang memberi indra penciuman adalah pintu masuk utama untuk Covid-19. Oleh karena itu, penutup hidung seperti ini penting dilakukan.

-
(Photo/REUTERS)

Meski begitu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) tetap menganjurkan masyarakat untuk memakai masker wajah yang menutupi hidung, mulut, dan dagu secara penuh. Selain itu, jika Anda hanya mengenakan masker hidung ini di depan umum di Malaysia, Anda masih akan diperparah karena pelanggaran SOP Covid-19.

Selanjutnya, peneliti menciptakan masker untuk dikenakan di bawah masker wajah dan hanya digunakan saat makan atau berbicara. Tentunya penelitian tersebut mencuri perhatian publik akan keefektiannya menangkal Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X