KKP Dukung Perikanan Skala Kecil untuk Ekonomi Nelayan

- Jumat, 18 September 2020 | 16:26 WIB
Ilustrasi nelayan dan perahunya. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)
Ilustrasi nelayan dan perahunya. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya menjadikan perikanan skala kecil menjadi penopang hidup nelayan yang berkontribusi pada perekonomian nasional. Untuk itu, mereka berupaya meningkatkan kapasitas pemberdayaan dan budidaya ikan.

Plt. Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Muhammad Zaini menjelaskan perikanan skala kecil di Indonesia memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Karena potensinya besar aktivitas penangkapan ikan di Indonesia yang didominasi oleh nelayan kecil harus selalu di support.

"Lebih dari 90% nelayan Indonesia adalah nelayan kecil yang menangkap ikan di daerah pesisir. Hal tersebut menjadi peluang yang besar sekaligus tantangan untuk memperkuat usaha perikanan tangkap skala kecil agar lebih maju, mandiri, dan berkelanjutan," kata Zaini di Jakarta

Upaya ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam dan Peraturan Pemerintah serta Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pembudidaya Ikan Kecil.

Pemberdayaan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para nelayan untuk mendapatkan taraf hidup yang lebih baik. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan kemandirian dan daya saing usaha perikanan tangkap dengan berbagai sarana prasarana yang ada.

"KKP dalam mendorong pemberdayaan perikanan skala kecil, melibatkan aspek kepemilikan, modalitas, sosial, gender, dan aspek lain yang menjamin hak asasi manusia dan antisipasi kerentanan pada perubahan iklim dan bencana alam, sehingga mereka dapat berproduksi dengan baik," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X