Tips Bertahan di Era Pandemi, Founder Indozone: Digitalisasi dan Go Online Suatu Keharusan

- Jumat, 13 November 2020 | 19:08 WIB
Founder dan COO Indozone, Victor Antony dalam IdeaFest 2020. (Tangkapan layar Ideafest2020)
Founder dan COO Indozone, Victor Antony dalam IdeaFest 2020. (Tangkapan layar Ideafest2020)

Pandemi virus corona yang telah berlangsung lebih dari delapan bulan di Indonesia membuat ekonomi memburuk. Tak pelak, banyak perusahaan yang tumbang akibat pandemi.

Bahkan banyak perusahaan-perusahaan besar yang harus mengurangi ratusan hingga ribuan karyawannya demi bertahan di tengah pandemi. Banyak pula perusahaan rintisan yang gulung tikar akibat tidak mampu bertahan dalam situasi ini.

Founder dan COO Indozone, Victor Antony dalam acara IdeaFest 2020 mengatakan di tengah pandemi ini, yang paling penting adalah bagaimana perusahaan mempersiapkan langkah ke depan menghadapi keadaan yang penuh ketidakpastian.

"Menurut saya mungkin semua pengusaha harus bisa cepat go online, karena yang paling penting online itu lebih dapat bertahan all season. Artinya mau ada PSBB atau tidak ada PSBB tetap bisa berjalan," kata Victor dalam sesi IdeaTalks bertajuk Guiding Lights: The Role of Media Uncertainty, Jumat (13/11/2020).

Terlebih lagi, lanjutnya, di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan selama ini menuntut masyarakat untuk membatasi aktivitasnya di luar rumah dan menerapkan social distancing maupun physical distancing. Tentu ini akan berat bagi para pelaku usaha offline.

-
Founder dan COO Indozone, Victor Antony (kedua dari kanan) dalam IdeaFest 2020. (Tangkapan layar Ideafest2020)

Kemudian, ia juga menyarankan perusahaan membuat rencana maksimum untuk empat bulan ke depan. Sebab tak dimungkiri, perubahan market saat ini sangat cepat.

"Jadi kuncinya digitalisasi dan go online adalah suatu keharusan. Dan kita harus flexibel adjust pada bisnis atau bahkan masuk ke area yang belum pernah kita coba sebelumnya. Dan selalu berpikir we are in the dynamic market, bergerak secara cepat," ujarnya.

Selain membagikan kunci bertahan di tengah pandemi, Victor juga berharap ada stakeholder actions atau langkah dari para pemimpin negara, pemerintah, dan orang-orang terkuat di dunia untuk membantu menyelamatkan ekonomi global.

"Menyelamatkan pengusaha-pengusaha baru, menyelamatkan perusahaan-perusahaan rintisan. Karena keadaan saat ini sudah di luar kembali. Artinya juga kami berpikir pemerintah harus turun tangan untuk menolong pengusaha-pengusaha baru," pungkasnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X