Tolak Akui Kekalahan, Pendukung Donald Trump Akan Gelar Aksi Protes Turun ke Jalan

- Sabtu, 14 November 2020 | 11:59 WIB
Seorang pendukung Donald Trump melakukan aksi protes usai kekalahan dalam Pilpres AS 2020 di Phoenix, Arizona, AS, Kamis (12/11/2020). (REUTERS/Jim Urquhart)
Seorang pendukung Donald Trump melakukan aksi protes usai kekalahan dalam Pilpres AS 2020 di Phoenix, Arizona, AS, Kamis (12/11/2020). (REUTERS/Jim Urquhart)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump hingga kini belum mau mengakui kekalahannya dari Joe Biden di pemilihan presiden AS 2020. Ia masih ngotot bahwa kemenangan Joe Biden didapat dari hasil kecurangan pemungutan suara pada 3 November lalu.

Sikap Trump yang enggan akui kekalahan pun mendapat dukungan dari kelompok sayap kanan dan para pendukungnya, termasuk anggota parlemen Republik. Mereka percaya bahwa Donald Trump telah dicurangi.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (14/11/2020), bentuk dukungan diberikan oleh para pendukung Trump dengan aksi protes yang akan dilakukan di Washington pada Sabtu (14/11/2020). Mereka adalah tokoh-tokoh sayap kanan termasuk ahli teori konspirasi dan penyiar Infowars Alex Jones yang menyebut dirinya sebagai "Nasionalis Amerika" Nicholas Fuentes.

Ada pula kelompok Oath Keepers dan Proud Boys yang menyatakan mereka akan hadir. Sementara kelompok sayap kiri sedang merencanakan aksi demonstrasi balasan.

BACA JUGA: Pakar Keamanan Nasional AS: Trump Punya Kuasa untuk Hambat Transisi Biden

"Menghangatkan hati melihat semua dukungan luar biasa di luar sana, terutama demonstrasi organis yang bermunculan di seluruh negeri, termasuk yang besar pada hari Sabtu di DC. Saya mungkin akan mencoba mampir dan menyapa," tulis Trump pada akun Twitter-nya, Jumat (13/11/2020).

Direktur Keamanan Dalam Negeri dan Manajemen Darurat Washington, Christoper Rodriguez mengatakan pihaknya tengah melacak kelompok yang mengindikasikan akan hadir dalam protes tersebut. Ia juga menekankan bahwa pengunjuk rasa tidak diizinkan membawa senjata.

"Kekerasan tidak akan ditoleransi," ucapnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X