CEK FAKTA: Jokowi dan Megawati Potong Tumpeng di Atas Meja Berlogo PKI

- Kamis, 18 Juni 2020 | 17:34 WIB
Cek Fakta Jokowi dan Megawati potong tumpeng di atas meja berlogo PKI (Istimewa)
Cek Fakta Jokowi dan Megawati potong tumpeng di atas meja berlogo PKI (Istimewa)

Akun Facebook bernama Al Qadri mengunggah beberapa foto disertai narasi provokatif yang mengklaim bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merupakan sarang Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dalam beberapa foto yang diunggah akun Al Qadri, terdapat foto Megawati Soekarnoputri tengah memotong tumpeng di atas meja berlogo palu arit.

-
CEK FAKTA: Jokowi dan Megawati potong tumpeng di atas meja berlogo PKI (Istimewa)

Ia juga menyertakan narasi dalam unggahannya sebagai berikut:

"#2020 JANGAN PILIH KADER PDIP TERBUKTI SARANG PKI DAN KORUPTOR. INGAT SUARA ANDA MENENTUKAN NASIB BANGSA INI.JIKA INGIN REZIM INI TUMBANG JANGAN PILIH KADER DARI PARTAI PDIP," tulis akun Al Qadri.

Setelah dilakukan penelusuran fakta oleh Syarief Ramaputra, seorang relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), didapatkan hasil bahwa foto tersebut merupakan hasil editan dan sudah beredar sejak 2017 lalu. Pada 2017, juga pernah dilakukan periksa fakta.

"Foto aslinya merupakan acara perayaan ulang tahun ke-41 PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat 10 Januari 2014," jelas Syarief dalam ulasan periksa faktanya, Kamis (18/6/2020).

-
CEK FAKTA: Jokowi dan Megawati potong tumpeng di atas meja berlogo PKI (Istimewa)

Fakta lainnya, Megawati melakukan pemotongan tumpeng dan dibagi-bagikan kepada sejumlah tokoh PDIP. Dalam foto tersebut juga terdapat Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu belum menjadi Presiden RI. Terdapat juga Puan Maharani, dan Tjahjo Kumolo dalam foto tersebut.

Dengan demikian, ditegaskan Syarief, postingan foto yang diklaim adalah tidak benar. Unggahan Al Qadri masuk dalam konten yang dimanipulasi. 

"Di mana, ketika gambar atau informasi yang asli dimanipulasi untuk menipu," tutup Syarief.(/Ocs)

 

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X