Pria Ini Kembalikan Artefak yang Dicuri 15 Tahun Lalu Karena Takut Kiamat Terjadi

- Minggu, 12 April 2020 | 00:39 WIB
Kiri: Moshe Manies saat memperlihatkan artefak. (photo/Facebook/Moshe Manies) Kanan: Moshe Manies dan Uzi Rotstein. (Photo/Facebook)
Kiri: Moshe Manies saat memperlihatkan artefak. (photo/Facebook/Moshe Manies) Kanan: Moshe Manies dan Uzi Rotstein. (Photo/Facebook)

Akibat dampak dari wabah virus corona, seorang pria Yerusalem ketakutan akan terjadinya kiamat dan mengembalikan sebuah artefak berusia ribuan tahun yang dicurinya 15 tahun lalu.

Pria itu takut dirinya mati gara-gara virus corona yang menurutnya akan membuat kiamat semakin dekat.

Dari pemberitaan media-media Israel, pria yang tak disebutkan identitasnya itu mengembalikan artefak bola yang terbuat dari batu kepada Otoritas Benda-benda Purbakala Israel.

Artefak bola batu itu dulunya adalah misil balistik yang digunakan oleh tentara Romawi saat menyerang Yerusalem pada tahun 70 Masehi.

Pria yang tak dikenal itu pun mengembalikan artefak itu melalui seorang teman yang setuju mengantarkan barang curiannya itu.

Temannya itu bernama Moshe Manies. Moshe pun mengunggah postingan cerita itu di akun Facebook miliknya dan menjadi viral.

Menurut ceritanya, si pencuri itu adalah temannya sendiri. Ia mengatakan bahwa temannya mencuri artefak itu saat mereka masih remaja.

Saat itu, ia dan temannya sedang tur di Jerusalem Walls National Park. Di sanalah mereka kemudian temannya itu mencuri artefak tersebut.

"Setelah itu, dia pun menikah dan memiliki keluarga. Dia lalu memberi tahu saya soal rahasia 15 tahun yang lalu yang membuat hatinya resah dan tidak tenang," ungkap Moshe dilansir dari media Israel21c.

"Akhirnya, menjelang Paskah ini, berbarengan dengan perasaan seperti mau kiamat gara-gara wabah virus Corona, dia merasa sudah saatnya untuk menghapuskan rasa bersalahnya dan dia meminta saya untuk membantu dia mengembalikan batu ini ke otoritas Israel," imbuh Moshe.

Setelah itu, Moshe dengan Uzi Rotstein, salah satu pemeriksa di Unit Tindak Pencegahan Perampokan Barang, Israel Antiquities Authority dan mengembalikan Batu Baliista itu ke otoritas yang berwenang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X