Harga Emas Dunia Hari Ini Relatif Stabil,  Bagaimana dengan Emas Antam?

- Selasa, 16 Juni 2020 | 11:17 WIB
Ilustrasi emas antam (Fx Empire)
Ilustrasi emas antam (Fx Empire)

Harga Emas relatif stabil pada Selasa pagi (16/6/2020). Hal itu didukung terjadinya depresiasi dolar AS, yang jatuh setelah Federal Reserve mengumumkan akan membeli obligasi korporasi individu di pasar sekunder, meski kenaikan selera risiko membatasi penguatan harga emas. 

Harga emas di pasar spot datar di posisi USD1.725,23 per ounce pada pukul 07.52 WIB, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Selasa (16/6/2020). 

Emas berjangka Amerika Serikat naik 0,4 persen  menjadi USD1.733,60 per ounce. Indeks Dolar AS (DXY) turun 0,2 persen terhadap saingannya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Senin, The Fed mengumumkan perubahan pada program pembelian obligasi, memperluas kisaran aset yang memenuhi syarat, mencakup semua obligasi korporasi AS yang memenuhi kriteria tertentu.

Pagi ini, bursa saham Asia mengikuti lonjakan Wall Street, tadi malam, ketika investor menyambut langkah The Fed untuk mendukung pasar keuangan.

-
Ilustrasi Emas batangan Antam. (ANTARA/Aprillio Akbar)

Bank of Japan juga diperkirakan mempertahankan pengaturan moneter tetap stabil pada pertemuan kebijakan Selasa, ketika mengukur efek dari langkah-langkah stimulus yang sudah diumumkan untuk mendukung perekonomiannya.

Emas cenderung mendapatkan keuntungan dari langkah-langkah stimulus luas dari bank sentral karena secara luas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.

Kasus virus corona secara global mencapai lebih dari 8 juta, Senin, ketika jumlah infeksi melonjak di Amerika Latin dan Amerika Serikat serta Tiongkok yang bergulat dengan wabah baru.

Ekonomi AS akan mengalami kontraksi "signifikan, bersejarah" pada kuartal kedua sebelum mulai pulih kembali, dan pengangguran akan tetap meningkat pada akhir 2020, ungkap Presiden Federal Reserve Dallas, Robert Kaplan, Senin.

Logam lainnya, palladium melesat 1,5 persen menjadi USD1.936,93 per ounce dan platinum naik 0,7 persen menjadi USD817,20 per ounce, sedangkan perak turun 0,4 persen  menjadi USD17,37 per ounce. 

Sementara itu dari dalam negeri, harga emas batangan bersertifikat Antam keluaran Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) hari ini mengalami penurunan. 

Mengutip situs Logam Mulia, harga pecahan satu gram emas Antam berada di Rp 898.000. Harga emas Antam ini turun Rp 4.000 dari harga Senin (15/5) lalu di Rp 902.000.

Sementara, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga turun Rp6.000 dan berada di Rp787.000.

Artikel Menarik Lainnya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X