Jokowi Ditantang Pilih Pengganti Edhy Prabowo dan Juliari di Luar PDIP- Gerindra

- Minggu, 20 Desember 2020 | 13:36 WIB
Edhy Prabowo dan Juliari. (Instagram/@ncdpapl)
Edhy Prabowo dan Juliari. (Instagram/@ncdpapl)

Direktur Political and Public Policy Studies Jerry Massie memprediksi kalau Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih akan menempatkan kader dari PDI Perjuangan dan Partai Gerindra untuk dua jabatan menteri yang saat ini kosong.

Kursi tersebut adalah Menteri Sosial (Mensos) untuk menggantikan Juliari Batubara, dan Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP) yang menggantikan Edhy Prabowo. Keduanya diketahui tertangkap karena kasus korupsi.

"Saya lihat Jokowi masih bergantung pada dua partai ini dan dia belum bisa survival," ucap Jerry kepada Indozone, Minggu (20/12/2020).

Menurut Jerry, kursi Mensos dan Menteri KP sebaiknya diisi dari kalangan profesional atau akademisi yang dianggap mengerti dan memiliki latang belakang sesuai dengan bidang-bidang tersebut.

Baca Juga: HP Bocah Ini Dijambret saat Asyik Main Game, Reaksi 'Santuy' Temannya Bikin Heran

Kendati demikian, ia menilai bahwa tak bisa dipungkiri, PDIP maupun Gerindra akan tetap memiliki keinginan untuk menempatkan kader-kadernya di dalam kabinet. Jerry pun melihat hal itu sebagai masalah klasik soal jatah politik.

"Tinggal kebijaksaan Jokowi apa dia masih di bawah under pressure PDIP atau Gerindra atau narasi politisnya dia di periode kedua memimpin tanpa beban," terangnya.

Terkait soal isu yang beredar kalay Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau yang kerap disapa Risma akan digadang-gadang kuat menempari posisi Mensos, ia menilai hal tersebut bisa terwujud apabila disetujui oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Nama Sandiaga Uno disebut-sebut akan duduk di posisi Menteri KKP, bagi saya Sandi wrong place tempat ini bukan spesialisasi dia. Tapi Menteri KP bisa milik Sandi, ini balas jasa Prabowo kepadanya yang menjadi tandem pada pilpres lalu," jelas Jerry.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X