34 Napi Teroris Lapas Gunung Sindur Ucap Ikrar Setia kepada NKRI, Ada Simpatisan ISIS

- Jumat, 16 April 2021 | 11:16 WIB
Napi teroris ucap ikrar setia kepada NKRI (ANTARA FOTO/Humas Kemenkumham)
Napi teroris ucap ikrar setia kepada NKRI (ANTARA FOTO/Humas Kemenkumham)

Pemerintah membutuhkan waktu 6 bulan hingga setengah tahun untuk mengubah para narapidana terorisme agar mau mengucapkan ikrar setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Yang terbaru, ada 34 napi teroris yang berasal dari berbagai jaringan, akhirnya mengucapkan kesetiaan kepada NKRI.

Mereka berasal dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yakni sebanyak 24 orang. Sedangkan sisanya yaitu simpatisan Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS), Azam Dakwah Centre (ADC), dan Jamaah Islamiyah (JI).

"Prosesnya lama, paling cepat itu enam bulan, sampai satu tahun kami melakukan pembinaan-pembinaan," ungkap Kalapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Damar, dikutip dari Antara, Jumat (16/4/2021).

Proses panjang deradikalisasi ini juga berkat kerja keras  Densus 88, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Intelijen Negara (BIN), hingga LSM yang konsen di bidang deradikalisasi.

Sebelum menjalani proses deradikalisasi, para napi teroris menunjukkan sikap apatis terhadap negara, dan selalu melawan kepada petugas.

"Jangankan untuk ucap ikrar, mereka untuk hormat bendera saja tidak mau, yang istilah kami aliran merah, radikal dan masih betul-betul militan. Tentu luar biasa sekali. Mereka melawan dengan kita, melawan dan selalu protes," papar Damari.

Kini, 34 dari 56 napi teroris setelah berikrar setia pada NKRI di hadapan Al Quran, kemudian mencium bendera merah putih dan menandatangani surat kesepakatan.

Menurutnya, ikrar yang diucapkan di hadapan Al Quran itu akan menjadi pintu masuk para narapidana terorisme untuk kembali diterima oleh masyarakat, meski tidak mengurangi masa hukuman di Lapas.

Sementara itu, 22 narapidana terorisme lainnya belum mengucapkan ikrar setia pada NKRI karena masih dalam tahap proses deradikalisasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X