Diminta Khofifah Jadi Arsitek Masjid Islamic Center Surabaya, Reaksi Kang Emil Mengejutkan

- Selasa, 20 April 2021 | 05:44 WIB
Kolase foto Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Antaranews)
Kolase foto Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Antaranews)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi arsitek untuk pembangunan masjid di Islamic Center Surabaya.

Permintaan ini disampaikan Khofifah saat bertemu dengan lelaki yang biasa disapa Kang Emil itu di Kantor Gubernur Jawa Barat, Senin (19/4/2021) malam.

"Islamic Center akan direvitalisasi, dan yang memiliki keahlian mengarsiteki masjidnya adalah Gubernur Jabar," ujar Khofifah dilansir ANTARA.

Selain bersilaturahmi, keduanya juga melakukan pertemuan dengan Pengurus Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama Jawa Barat di salah satu ruangan Gedung Sate.

Khofifah menjelaskan, masjid yang selama ini berdiri di Islamic Center dianggap kurang memadai sehingga perlu revitalisasi.

"Dua minggu lalu kami membahas dengan tim Islamic Center. Saya melihat masjidnya ukurannya seperti musala namun memiliki halaman sangat luas. Maka, kami putuskan
mendirikan masjid di halaman depan," ujarnya.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur tersebut menambahkan, pembangunan masjid dengan arsitektur yang baik diharap bisa menjadi lebih representatif.

Khofifah juga mengharap polesan dari Kang Emil yang sudah berpengalaman di bidang tersebut.

"Saya pernah ke Padang, dan saya menikmati sekali bagaimana masjid Jami di Padang dan masjid di Makassar saya juga menikmati beberapa kali. Kami tentu berharap ada sentuhan dari skill beliau untuk arsitektur masjid di Islamic Center Surabaya. Mudah-mudahan ini dapat disegerakan dari kesibukan beliau," ujarnya.

Lebih lanjut, Khofifah berharap  groundbreaking pembangunan masjid dapat dimulai setelah perubahan anggaran keuangan (PAK) pada tahun anggaran 2021.

Sementara itu, Kang Emil menyatakan bersedia dan sanggup merancang arsitektur masjid Islamic Center Surabaya. Bahkan, dia akan berupaya menciptakan desain terbaik.

"Insyaallah, di Jatim akan kami desainkan yang paling keren di Indonesia," kata Kang Emil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X