Bantu UMKM, Bank Mandiri Kembangkan Rumah BUMN

- Senin, 8 November 2021 | 09:21 WIB
ANTARA/HO-Mandiri
ANTARA/HO-Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) mengembangkan Rumah BUMN sebagai wadah pelatihan dan pembinaan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Melalui wadah ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat naik kelas.

"Langkah ini merupakan upaya Bank Mandiri sebagai salah satu insan BUMN untuk meningkatkan kelas bagi UMKM di Indonesia melalui empat tahapan yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global," kata Corporate Seceretary Bank mandiri Rudi As Aturridha dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Dia menjelaskan, para pelaku UMKM di Rumah BUMN akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan lewat optimalisasi bisnis hingga digitalisasi. Program ini merupakan pengayaan dari Program Rumah Kreatif BUMN (RKB), yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM guna mewujudkan UMKM Indonesia yang unggul dan berkualitas.

Sejak program tersebut dijalankan pada 2017, Bank Mandiri telah membina lebih dari 13.500 UMKM dan mendirikan 22 Rumah BUMN. Lokasinya tersebar di seluruh Indonesia seperti di kabupaten Kampar sampai Bintuni. serta kota besar lainnya yaitu Jakarta, Bogor, Semarang dan Surabaya.

Bank Mandiri, kata Rudi, juga turut berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk mempertajam kapasitas UMKM. Sepanjang 2021, Rumah BUMN telah menyelenggarakan lebih dari 160 pelatihan dan pembinaan, bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM setempat, hingga lokapasar seperti Tokopedia, Blibli dan Shopee.

Rumah BUMN binaan Bank Mandiri juga memberikan pelatihan kepada UMKM untuk memodernisasi bisnis dengan memanfaatkan sosial media sebagai wadah pemasaran.

"Ke depan, kami akan lebih mengaktifkan peran Rumah BUMN dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada UMKM agar Go Digital dan Go Global, bukan saja untuk mitra binaan, namun akan dimanfaatkan sebagai co-working space bagi pelaku usaha dan sarana inkubasi para alumni Wirausaha Muda Mandiri," kata Rudi.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X