Warga Antusias hingga Rela Antre demi Ikut Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

- Minggu, 10 Juli 2022 | 07:52 WIB
Situasi Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta (INDOZONE/Harits Tryan)
Situasi Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta (INDOZONE/Harits Tryan)

Jemaah yang ingin melaksanakan ibadah salat Idul Adha terus memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Minggu (10/7/2022). Bahkan mereka harus rela mengantre terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam.

Berdasarkan pantauan Indozone sejak pukul 06.00 WIB, masyarakat terus berdatangan ke Masjid Istiqlal. Sebelum masuk, mereka harus melewati pemeriksaan detektor logam terlebih dahulu.

Adapun pemeriksaan detektor logam dikarenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir untuk melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Setidaknya kurang lebih enam mesin pemeriksaan detektor logam terpasang di pintu masuk Masjid terbesar di Asia Tenggara ini. Akibatnya antrian terlihat cukup panjang karena jemaah yang terus berdatangan.

Lantaran tingginya animo jemaah yang datang ke Masjid Istiqlal, beberapa diantaranya rela melaksanakan salat di bagian luar. Salah satunya adalah Munir yang merupakan warga dari Jakarta Barat.

Munir mengaku hadir di Masjid Istiqlal sejak pukul 06.10 WIB, namun dia mengaku kaget karena masyarakat yang hadir banyak sekali sehingga harus mengantre terlebih dahulu sebelum masuk ke Masjid Istiqlal.

Alhasil Munir lebih memilih melaksanakan salat Idul Adha di bagian luar masjid. Meski begitu dia tetap senang lantaran salat Idul Adha bisa kembali dilaksanakan karena tahun lalu tidak ada karena pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah senang bisa salat berjamaah kembali,” jelas Munir saat ditemui Indozone, Minggu (10/7/2022).

-
Situasi Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta (INDOZONE/Harits Tryan)

BACA JUGA: Dikasih Makanan Spesial, Irfan Hakim Santap Makanan Sapi sebelum Diberi ke Wisanggeni

Munir juga mengakui kedatangannya ke Masjid Istiqlal lantaran ingin merasakan situasi salat  berjamaah seperti sebelum adanya pandemi Covid-19. Diketahui saat pandemi melanda, Masjid Istiqlal tidak menggelar berjamaah baik Idul Fitri ataupun Idul Adha.

“Ingin merasakan situasi salat berjamaah lagi, kan pas pandemi enggak boleh tuh ramai-ramai karena rentan penularan corona,” tutur Munir.

Sekedar informasi,  Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal akan dipimpin oleh Salim Ghazali. Adapun khotbah akan disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, K.H. Mohammad Nuh dan mengangkat tema ‘Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebhinekaan’.

Pada Idul Adha tahun ini, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton. Tidak hanya itu, Kepala Negara pun menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia.

-
Situasi Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta (INDOZONE/Harits Tryan)

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X