Dear Wali Kota Batu, Pagar Taman Makam Pahlawan Kok Pakai Bambu?

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:40 WIB
Kondisi pagar TMP yang memprihatinkan (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)
Kondisi pagar TMP yang memprihatinkan (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Kondisi Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Suropati, Kelurahan Ngaglik, Kota Batu, Jawa Timur saat ini sangat memprihatinkan. Padahal Agustus mendatang, komplek permakaman para pejuang kemerdekaan ini bakal digunakan untuk serangkaian acara peringatan hari kemerdekaan bangsa ini.

-
Tembok TMP Kota Batu nyaris ambrol (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Menjelang momen besar tersebut, sejumlah kerusakan justru terlihat begitu jelas di hampir seluruh penjuru bangunan TMP. Kerusakan terbanyak ada di sisi timur, terutama pada bangunan pagarnya. Terlihat kotor karena telah menjadi korban vandalisme.

-
Pagar besi keropos dan diganti dengan bambu (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Ironisnya, di sisi timur ini juga dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Bukan hanya itu saja, sebagian besar pagar besinya juga telah rusak parah. Beberapa titik pondasinya telah retak-retak, bahkan ada juga yang sudah ambrol sehingga pagar besinya terlihat menggantung.

-
TMP Kota Batu tempat berlangsungnya seremonial 17 Agustus-an (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Mirisnya lagi, ada beberapa meter pagar besi yang justru hilang dan kini diganti dengan pagar bambu. Bahkan jika dilihat secara seksama, sebagian besar pagar di sisi timur ini sudah miring dan hampir roboh. Penyebabnya karena terdorong oleh akar-akar pohon yang ada di sekitar pagar.

Sebuah pemandangan yang sangat ironi. Mengingat TMP merupakan salah satu tempat yang sangat disakralkan karena merupakan tempat peristirahatan terakhir dari para pahlawan, yang seharusnya dirawat dengan baik sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya.

-
Kondisi pagar TMP yang memprihatinkan (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Bukan hanya di sisi timur saja, pada sisi barat TMP ternyata juga tak sedikit pagar besi yang rusak cukup parah. Ada yang bolong karena sebagian pagar besinya hilang, ada juga yang patah dan rusak berat karena termakan korosi.

TMP ini sebenarnya pernah direnovasi pada 2015 silam. Beberapa fasilitas di dalamnya dipercantik agar enak dilihat dan nyaman saat digunakan untuk acara-acara resmi kenegaraan. Diantaranya seperti kegiatan renungan suci, upacara hari kemerdekaan, upacara hari pahlawan, HUT Kota Batu dan lainnya.

TMP ini juga kerap dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak TK maupun murid SD, SMP, hingga SMA. Pihak sekolah kerap mengadakan kegiatan di TMP ini, seperti kegiatan doa bersama dan tabur bunga di atas pusara para pahlawan kusuma bangsa.

-
Salah satu sisi TMP Kota Batu (Hasan Syamsuri/IDZ Creators)

Memang cukup disayangkan jika TMP satu-satunya di Kota Batu ini terlihat kurang terawat dengan baik. Mengingat Pemkot Batu melalui Dinas Sosial pernah berencana memperbaiki TMP ini, bahkan diklaim telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp99 juta.

Sayang, sampai saat ini masih belum terealisasi.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X