Resmikan PYCH di Jayapura, Presiden Jokowi Ingin Fasilitasi Generasi Muda Papua

- Selasa, 21 Maret 2023 | 13:55 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan PYCH di Papua. (YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meresmikan PYCH di Papua. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023). Dengan harapan sarana ini bisa menjadi tempat pengembangan generasi muda di tanah Cendrawasih.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga mendatangi satu per satu bagian yang ada dalam gedung PYCH. Jokowi juga berbincang bersama anak muda Papua yang dipercaya sebagai penanggung jawab setiap bagian yang ada di PYCH.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini, saya resmikan Papua Youth Creative Hub dan saya luncurkan produk kreasi dan inovasi Papua Youth Creative Hub,” ujar Presiden Jokowi saat peresmian gedung PYCH di Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Gelontorkan Dana Rp1.036 Triliun, Presiden Jokowi: Tanah Papua Jadi Prioritas Pembangunan

Jokowi menyatakan kebanggaan dan kekagumannya setelah meninjau langsung semua fasilitas yang ada di PYCH, serta semua hasil dari program kerja yang telah dilaksanakan oleh anak muda PYCH di berbagai sektor, seperti perikanan, pertanian perkebunan, peternakan, pendidikan, wirausaha hingga kesehatan. 

"Kenapa Papua Youth Creative Hub kita bangun, kita ingin memberikan kesempatan anak-anak muda yang memiliki kreativitas, inovasi, keinginan besar untuk bergerak di bidang fashion, industri kreatif, di bidang peternakan, perikanan, semuanya memiliki kesempatan, karena saya melihat peluang opportunity, kesempatan di tanah Papua masih sangat besar sekali," kata Jokowi. 

"Dan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," sambung Jokowi.

Bonus Demografi

Jokowi menyatakan Indonesia akan menghadapi bonus demografi, termasuk di Papua. Sehingga dia bangga anak muda PYCH telah mempersiapkan diri dengan hal tersebut dengan pengembangan dirinya di bidang yang diminatinya.

"Kita tahu negara kita akan mengalami bonus demografi kurang lebih tahun 2035, sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif dan di Papua sendiri akan muncul 2,6 juta, atau kurang lebih 60 persen penduduk Papua dan Papua Barat," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan bahwa sudah banyak pembangunan yang dilakukan pemerintah di timur Indonesia khususnya di Papua, mulai dari infrastruktur, pendidikan, dan bantuan lainnya. Dia pun mengajak masyarakat untuk mengawasi dana yang disalurkan kepada Papua karena banyak. 

"Jadi, sekarang ini ingin saya sampaikan bahwa pembangunan di Indonesia bukan Jawa sentris, tetapi Indonesia sentris, dan tanah Papua menjadi prioritas," kata Jokowi.

Punya Tempat Khusus

Pada kesempatan yang sama, Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan bahwa Papua memiliki tempat khusus di hati Presiden Jokowi. Sebab, Jokowi tak henti-henti mencurahkan perhatian untuk kemajuan Indonesia bagian paling timur. Salah satu bukti nyatanya dengan pembangunan PYCH untuk kemajuan Papua

“Mulai pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia Papua, khususnya SDM anak-anak muda Papua, mama-mama Papua, lembaga adat dan agama, serta pengembangan usaha putra-putri Papua,” kata Budi Gunawan.

Baca Juga: PDIP: Megawati dan Presiden Jokowi Bahas Kepemimpinan Nasional, Bukan Kesepakatan Capres

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X