BPBD: 11 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang

- Senin, 4 Januari 2021 | 18:02 WIB
umah warga rusak akibat diterjang angin kencang di Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (3/1/2021). (ANTARA/HO-BPBD Tasikmalaya)
umah warga rusak akibat diterjang angin kencang di Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (3/1/2021). (ANTARA/HO-BPBD Tasikmalaya)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyebutkan 11 rumah warga rusak akibat diterjang angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Sepuluh rumah rusak bagian gentingnya, satu rumah tertimpa pohon," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tasikmalaya Irwan, melansir Antara, Senin (4/1/2021).

Ia menuturkan bencana alam angin kencang itu melanda pemukiman rumah warga di Kampung Margasari, Desa Margalaksana, Kecamatan Salawu, Minggu (3/1/2021).

Akibat bencana itu, rumah warga mengalami kerusakan pada bagian atap dan kondisinya masih tetap ditempati, sedangkan rumah warga yang tertimpa pohon terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudaranya.

"Hanya satu KK (kepala keluarga) yang ngungsi, tiga jiwa," kata Irwan.

Angin kencang yang sempat membuat panik warga itu, kata dia, tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian material seperti kerusakan pada bangunan dan barang yang ada dalam rumah.

"Kerugian Rp10 juta, ada perbaikan," katanya.

Irwan mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bahaya angin kencang yang sewaktu-waktu bisa terjadi menerjang wilayah Tasikmalaya saat musim hujan.

Terutama, lanjut dia, rumah warga yang berada di sekitar pohon besar untuk lebih berhati-hati, bila perlu ditebang jika kondisinya rawan roboh agar tidak membahayakan masyarakat di sekitarnya.

"Masyarakat yang memiliki pohon di pinggir rumah untuk berhati-hati, untuk ditebang saja sehingga tidak mengancam rumah lainnya," kata Irwan.

Ia juga menyampaikan jajarannya maupun seluruh sukarelawan kebencanaan di tiap kecamatan maupun desa siap siaga untuk menanggulangi daerah yang terdampak bencana alam.

"Kami mengimbau relawan setiap kecamatam agar selalu siap siaga untuk menghadapi kemungkinan akan terjadi bencana," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X