Soal Parodi Lagu Indonesia Raya, Kemenlu: Pemerintah Malaysia Ambil Tindakan Tegas

- Senin, 28 Desember 2020 | 14:18 WIB
Tangkapan layar video YouTube lagu Indonesia Raya yang dipelesetkan. (Istimewa)
Tangkapan layar video YouTube lagu Indonesia Raya yang dipelesetkan. (Istimewa)

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyebutkan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur telah melakukan komunikasi dengan pemerintah Malaysia terkait dengan parodi lagu Indonesia Raya.

"Sejak dua hari lalu, KBRI dan Kemlu sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah dan otoritas terkait di Malaysia atas kejadian ini," ucap Juru bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah kepada Indozone, Senin (28/12/2020).

Lebih lanjut, menurut Faizasyah pemerintah Malaysia telah mengambil tindakan atas permintaan dari Indonesia untuk mengusut tuntas pelaku yang diduga melecehkan lagu kebangsaan tersebut.

"Selanjutnya pemerintah Malaysia sudah mengambil tindakan atas apa yang Indonesia sampaikan," tandasnya.

Baca Juga: Kedubes Malaysia Kecam dan Siap Tindak Tegas Pelaku Pelecehan Lagu 'Indonesia Raya'

Seperti diketahui sebelumnya, Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia telah angkat bicara mengenai perkara ini. Pihaknya pun melayangkan kecaman dan mengutuk keras pihak yang melakukan hal tersebut.

Kini, pemerintah Malaysia tengah melakukan investigasi terkait hal tersebut, dan jika benar video parodi lagu Indonesia Raya dibuat oleh warga Malaysia, maka akan ditindak oleh hukum yang berlaku.

"Sekiranya didapati video tersebut dimuat naik oleh warga negara Malaysia, tindakan tegas akan dikenakan berlandaskan peruntukan undang-undang sedia ada," ucap Kedubes Malaysia dalam keterangan resminya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X