Ada Perbaikan Ruas Jalan di Jateng, Ganjar Minta Petugas Atur Lalin Agar Tak Buat Macet

- Selasa, 7 Maret 2023 | 19:17 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau perbaikan ruas jalan di Jateng. (Dok Ganjar)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau perbaikan ruas jalan di Jateng. (Dok Ganjar)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengecek perbaikan ruas jalan yang ada di wilayah Jateng. Menurutnya, program penyelenggaraan jalan pada 2023 lantaran banyak menerima keluhan masyarakat terkait banyaknya jalan yang rusak khususnya di daerah Jateng. 

"Ini yang coba kita atur biar lebih termanajemen. Mungkin tidak bisa secepat yang diharapkan masyarakat, tapi kita menunjukkan bagaimana improvement atas komplain masyarakat betul-betul kita lakukan," ujar Ganjar dalam siaran persnya kepada wartawan, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga: Pemkot Surabaya Anggarkan Perbaikan Jalan Rusak Rp30 Miliar

Ganjar sendiri sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp437 miliar untuk program penyelenggaraan jalan pada 2023 di wilayah Jateng. 

Adapun pemeliharaan rutin jalan merupakan kegiatan merawat dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada ruas-ruas jalan dengan kondisi pelayanan yang baik sesuai Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 13/PRT/M/2011.

Adapun pemeliharaan jalan yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah pada tahun 2023 yakni sepanjang 2,404.741 kilometer. Pemeliharaan jalan terbagi di sembilan Balai Pengelolaan Jalan (BPJ).

Ganjar pun berpesan agar saat pemeliharaan jalan, situasi lalu lintas juga diperhatikan. Karena dia tak mau ada komplain yang disampaikan oleh masyarakat.

"Ketika tim teknisnya mengerjakan jalan, harus ada tim yang mengatur lalu lintas sehingga tidak terjadi komplain dan keselamatan kerjanya juga terjaga," beber Ganjar.

Baca Juga: 25 Jalan di DKI Jakarta Bakal Berbayar, Mana Saja Sih?

Dana perbaikan jalan di Jateng tidak hanya berasal dari anggaran APBD Provinsi Jateng, tetapi juga menggunakan program Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Perbaikan jalan menggunakan dua dana tersebut, dilakukan di ruas jalan Batur-Dieng-Kejajar-Wonosobo sepanjang 2,2 km dengan anggaran Rp15,3 miliar, Kertek-Kepil-Kemiri panjang 3 km dengan anggaran Rp 19,2 miliar.

Kemudian, ruas jalan Magelang-Kaliangkrik-Sapuran panjang 2,3 km dengan anggaran Rp 16,4 miliar, Galih-Ngrampal panjang 1,16 km dengan anggaran Rp9,9 miliar, serta Lasem-Sale sepanjang 2 km dengan anggaran Rp17 miliar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X