Jumlah Eks Napi Program Asimilasi yang Berulah Terus Bertambah

- Selasa, 21 April 2020 | 12:00 WIB
Sejumlah narapidana di Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, yang dibebaskan dalam program asimilasi. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)
Sejumlah narapidana di Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, yang dibebaskan dalam program asimilasi. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Jumlah mantan narapidana (napi) yang berulah lagi setelah dibebaskan melalui program asimilasi terus bertambah. Dari data kepolisian, tercatat sebanyak 27 napi kembali melakukan aksi kriminalitas usai bebas program asimilasi.

"Dari jumlah data napi yang dibebaskan sebesar 38.822 napi, ada 27 napi yang kembali melakukan kejahatan," kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat dihubungi Indozone, Selasa (21/4/2020).

Kejahatan yang dilakukan oleh para napi yang baru saja bebas itu bermacam-macam. Antara lain, pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan hingga pelecehan seksual.

"Kejahatan yang mereka lakukan meliputi curat, curanmor dan curas serta satu pelecehan seksual," ungkap Listyo.

Seperti diketahui, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membebaskan sekitar 38 ribu narapidana dari berbagai kasus. Para narapidana itu dibebaskan dengan tujuan agar terhindar dari penyebaran virus corona (Covid-19).

Setelah dibebaskan, para napi ternyata kembali melakukan aksi kejahatan. Mereka yang melakukan aksi kejahatan itu juga sudah diamankan kembali oleh pihak kepolisian.

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono sebelumnya mengatakan pihaknya diam-diam memantau pergerakan para napi yang dibebaskan itu. Pihak kepolisian meminimalisir tindakan kejahatan yang akan dilakukan oleh para napi tersebut.

"Kita komunikasi dengan RT, RW dan Pak Lurah berkaitan adanya napi yang kembali ke masyarakat. Tentunya kita sama-sama mengawasinya," kata Argo sebelumnya, Jumat (17/4/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X