Profil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial, Meninggal Dunia saat Berdakwah Salat Jumat

- Jumat, 10 Desember 2021 | 17:50 WIB
Profil Oded Muhammad Danial. (Instagram/@mangoded_md)
Profil Oded Muhammad Danial. (Instagram/@mangoded_md)

Kabar duka cita datang dari Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial yang dinyatakan meninggal dunia pada Jumat, 10 Desember 2021 sekitar pukul 11.55 WIB.

Oden menghembuskan nafas terakhirnya saat tengah berdakwah salat Jumat di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung.

"Benar (Oded) meninggal dunia," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada Indozone, Jumat (10/12/2021).

Profil Oded M Danial

-
Instagram/mangoded_md

Wali Kota Bandung periode 2018-2023 ini memiliki nama lengkap, H. Oded Muhammad Danial. Ia lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 15 November 1962 (59 tahun). Ia menikah dengan istrinya, Siti Muntamah dan dikaruniai tujuh orang anak. 

Setelah lulus kuliah dari Universitas Pasundan tahun 1983, Oded bekerja di bagian suku cadang PT Dirgantara Indonesia selama 16 tahun. Berhenti dari pekerjaan tersebut, Oded kemudian menjalankan usaha konveksi pakaian bayi dan baju muslim, serta berjualan es krim di rumahnya hingga 2016.

Mulai Terjun ke Politik

-
Instagram/mangoded_md

Oded pertama kali terjun ke politik saat terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bandung pada 2004 dan 2009. Ia juga sempat menjabat sebagai wakil kepala Komisi B. Pada 2013.

Oded sempat menjadi Wakil Wali Kota Bandung berpasangan dengan Ridwan Kamil periode 2013-2018. Ia kemudian mencalonkan diri menjadi Wali Kota Bandung dan terpilih pada 2018. 

Sosok Oded M Danial

-
Instagram/mangoded_md

Oded diketahui merupakan kakak dari M. Sohibul Iman presiden Partai Keadilan Sejahtera periode 2015 – 2020. Ia dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi. 

Hal itu terbukti dari pengalamannya yang turut andil di berbagai aktivitas kemasyarakatan di kala muda. 

Ia pernah menjabat menjadi ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS kota Bandung (2006 – 2009), ketua DPD PKS kota Bandung, ketua Pembina Majelis Taklim Al Ukhuwah dan pembina Persaudaraan Seniman Bandung.

Selain itu, di  masa muda Oded Muhammad Danial juga aktif sebagai Pelajar Islam Indonesia dan juga Pemuda Persatuan.

Bersama wakilnya, Yana Mulyana, Oded dapat membantu menciptakan Kota Bandung menjadi kota yang menarik, bersih dan disiplin.

Baca juga: Inna lillahi, Wali Kota Bandung Meninggal Dunia, Ini Detik-detik dan Kronologinya

Diduga meninggal karena serangan jantung

-
Detik-detik Odet meninggal dunia (Instagram/infojawabarat)

Wasekjen DPP PKS, Ahmad Fathul Bari, mengatakan, ada dugaan Oded meninggal dunia karena serangan jantung. Hal ini diungkapkannya berdasarkan keterangan dari pihak rumah sakit yang sempat menanganinya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X