Tukang Bakso Gerobak di Binjai Kena Pajak Rp6 Juta Per Bulan, Pemkot: Bisa Diklarifikasi

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 11:05 WIB
Screenshot foto viral soal tukang bakso ditagih pajak Rp 6 juta (Foto/Istimewa)
Screenshot foto viral soal tukang bakso ditagih pajak Rp 6 juta (Foto/Istimewa)

Seorang tukang bakso di Binjai terkejut lantaran mendapat tagihan pajak sebesar Rp6 juta per bulan dari Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Binjai. Tukang bakso bernama Handoko itu kaget karena belum pernah mendapat sosialisasi apapun dari pemkot.

-
Foto tagihan pajak si tukang bakso. (Foto/Istimewa)

Kasus yang menimpa Handoko lalu viral di media sosial, hingga Pemkot Binjai melalui Dinas Kominfo akhirnya buka suara lantaran banyak mendapat pertanyaan terkait masalah tersebut.

"Tagihan yang kami sampaikan sudah didahului hasil survei, survei terbatas dengan SDM yang kami miliki. Dengan surat yang berbarengan kami sampaikan dengan surat tersebut, pada alinea 2 berbunyi bila saudara ada ketidaksesuaian dengan tim kami dapat melakukan klarifikasi pajak dalam acara sosialisasi pada 23 Agustus- 27 Agustus 2021 bertempat di GOR," kata Kepala BPKAD Kota Binjai, Affan Siregar, dikutip Minggu (29/8).

Saat sosialisasi berlangsung, Affan menyebut kegiatan itu berjalan lancar meski pada hari pertama hanya 17 orang yang hadir, dan pada hari terakhir ada 80 orang yang hadir guna mengklarifikasi pajaknya.

Jika dirasa tagihan tersebut tak sesuai, Affan mempersilahkan Handoko untuk datang langsung ke kantor BPKAD guna mengklarifikasi.

"Jadi surat tagihan kami bukan harga mati, itu hanya informasi yang dapat diklarifikasi," kata Affan.

Affan menyebut, Handoko bisa mengisi form self assesment, lalu menghitung sendiri, melaporkan dan menyetorkan pajak yang sudah diperkirakan.

"Ini tidak final, Pak. Ini sebagai suatu kegiatan yang kami lakukan dalam rangka menjaring pajak daerah lebih banyak. Sebab selama ini ada suara yang tidak enak dengarnya, misalnya saya kena pajak, tapi yang sana enggak kena," tandas Affan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X