Penerimaan Pajak Indonesia Lebih dari 100 %, Menkeu: Hari Bersejarah

- Selasa, 28 Desember 2021 | 09:21 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto/Instagram/smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto/Instagram/smindrawati)

Penerimaan pajak hingga 26 Desember 2021 tercatat lebih dari target yang diamanatkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 1.229,6 triliun.

"Sampai dengan tanggal 26 Desember 2021, jumlah neto penerimaan pajak sebesar Rp 1.231,87 triliun," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Senin (27/12/2021).

Capaian tersebut dikatakan Sri Mulyani sebagai bekal untuk pelaksanaan tugas-tugas di masa mendatang.

"Hari ini adalah hari yang bersejarah. Di tengah pandemi COVID-19, di saat pemulihan ekonomi masih berlangsung, anda mampu mencapai target 100% bahkan sebelum tutup tahun. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerja anda semua yang luar biasa. Terima kasih terhadap apa yang kita capai hari ini. Ini adalah bekal kita untuk pelaksanaan tugas-tugas kita di masa mendatang," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Wajib Pajak Besar, Arif Yanuar mengatakan, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mencatat penerimaan pajak di beberapa kantor wilayah pajak juga sudah mencapai target.

Seperti pada Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Dua (KPP LTO2) per 23 Desember 2021 tercacat berhasil melebihi 100 % dari target penerimaan yang diamanatkan sebenar Rp 94,3 triliun, berhasil tumbuh 15 % menjadi Rp 94,7 triliun.

"Pencapaian ini tumbuh 15% dari penerimaan tahun lalu dan masih akan meningkat sampai akhir tahun. Pencapaian target ini tidak lepas dari peran serta wajib pajak yang semakin patuh dalam menjalankan kewajiban perpajakannya," ujar Arif.

"Pencapaian target di LTO2 menggambarkan bahwa dunia usaha sudah mulai pulih. Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dilaksanakan pemerintah sudah menunjukkan hasil yang memuaskan," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X