Lepas Personel Pengamanan Malam Tahun Baru, Kapolda Metro: Langgar Langsung Bawa

- Kamis, 31 Desember 2020 | 18:41 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran sore tadi melepas personel pengamanan malam tahun baru di Jakarta dan sekitarnya. Dia memberikan pesan kepada anggota untuk tidak segan-segan membawa masyarakat yang melanggar untuk dilakukan pengecekan virus corona.

Apel pelepasan itu berlangsung di halaman Polda Metro Jaya, Jakarta. Ada personel TNI-Polri dan unsur dari pemerintah daerah turut hadir dalam apel tersebut.

"Kita sore ini dalam rangka pengamanan malam pergantian tahun, konsepnya adalah car free night dan crowd free night. Kita meminimalisir kerumunan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid," kata Irjen Fadil dalam sambutanya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/12/2020).

Irjen Fadil menegaskan tidak ada perayaan malam tahun baru. Untuk itu jika ditemukan masyarakat yang berkumpul dia memerintahkan personelnya untuk langsung membawa ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan pengecekan virus corona.

"Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan apabila menemukan ada kerumunan langsung dinaikkan ke kendaraan dibawa ke lapangan Mapolda untuk dilaksanakan testing baik rapid test antibodi maupun swab antigen," beber Irjen Fadil.

Jika dinyatakan ada masyarakat yang reaktif, pihaknya akan membawa ke rumah sakit rujukan Covid-19 untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, dia memerintahkan anggotanya untuk tetap bersikap humanis saat melakukan patroli.

"Hindari tindakan-tindakan yang kontra produktif seperti kekerasan verbal maupun fisik. Perlakukan masyarakat secara humanis karena sejatinya operasi kita adalah Operasi Kemanusiaan," kata Fadil.

"Para perwira yang sudah ditugaskan untuk mengawal dan mengawasi pelaksanan agar dilaksakan penuh tanggung jawab. Mudah-mudahan malam pergantian tahun berjalan aman dan kita bisa meminimalisir penularan Covid," pungkas Fadil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X