Viral Penipuan Berkedok Jual Rugi Kue yang Dibatalkan Customer, Pelakunya Diduga Mahasiswa

- Senin, 15 Februari 2021 | 14:38 WIB
Penipuan modus jual  kue. (Twitter/@millaaoktaviaa)
Penipuan modus jual kue. (Twitter/@millaaoktaviaa)

Sebuah akun Twitter dengan nama akun @millaaoktaviaa membongkar penipuan di Twitter yang telah merugikan banyak orang. Modusnya adalah pelaku berpura-pura menjual kue yang dibatalkan oleh customernya.

"Bismillah, setelah scroll 2 jaman, gue mau bikin thread sekaligus spill siapa orang dibalik akun @grumpysfd ini yg ngakunya ditipu tapi sebenernya dia yg nipu banyak orang lewat foto2 kue curiannya. Tolong bantu ramein gaes biar ada efek jera bagi dunia tipu-tipu ini, mari ngeteh," tulis @millaaoktaviaa melalui akun Twitter-nya.

Gambar kue tersebut diambil dari online shop penjual kue sebenarnya. Dengan foto tersebut, ia berusaha membuat netizen kasihan padanya. Dia memakai embel-embel "Twitter please do your magic" dalam cuitannya.

"Twitter please do your magic ibuku abis ketipu sama orang dan bener-bener rugi parah. Aku ga tau harus bantuin gimana selain lewat Twitter. Ibu aku dapat orderan besar kue-kue ini tapi tiba-tiba order cancel gitu aja lalu nomor ibu diblokir," demikian kata-kata yang digunakan pelaku untuk mengelabui netizen.

Penipuan ini terungkap setelah seorang netizen menemukan pemilik foto kue yang dipakai pelaku untuk menipu. Penjual kue itu kemudian mengatakan bahwa ia sudah berjualan selama satu tahun dan sudah memiliki banyak pelanggan.

Baca juga: Tindakan Penipuan di Instagram Meningkat 50 Persen Sejak Pandemi COVID-19

Saat diberitahu ada yang menyalagunakan foto jualannya, pemilik usaha kue itu pun keget. Dia pun merasa bersyukur dan berterimakasih karena sudah diberitahu tentang penipuan tersebut. Si pemilik usaha itu mengaku takut usahanya terganggu karena kasus penipuan tersebut.

"Alhamdulillah mba. Terimakasih infonya. Pengaruh gak yah mba sama saya, jadi takut saya," kata si pemilik usaha.

Berdasarkan hasil penelusuran netizen, pelakunya diduga merupakan mahasiswa jurusan hukum semester 2 di Universitas Jambi. Netizen juga berhasil menemukan foto-foto pelaku beserta alamat rumahnya.

Namun, pelaku masih tidak mengaku bahwa ia telah melakuan penipuan dan meminta netizen berhenti menyebarkan foto-fotonya.

Sementara itu, netizen lainnya mengingatkan untuk selalu berhati-hati dengan embel-embel "Twitter please do your magic" agar tidak menjadi korban penipuan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X