Luhut Panjaitan Targetkan 100 Juta Orang Bisa Mulai Divaksin Awal Desember Ini

- Sabtu, 19 September 2020 | 10:01 WIB
Luhut Panjaitan. (Instagram/@luhut.pandjaitan)
Luhut Panjaitan. (Instagram/@luhut.pandjaitan)

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu ditunjuk Presiden Jokowi menangani COVID-19 di 9 provinsi bersama Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo.

Ada pun 9 provinsi yang dimaksud yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Bali, dan Papua.

Penanganan COVID-19 di 9 provinsi tersebut akan memasuki waktu kritis dalam 3 bulan ke depan sammpai vaksin tersedia. Luhut berharap vaksin COVID-19 sudah ada dan bisa segera dipakai mulai awal Desember nanti.

"Masa kritis kita 3 bulan ke depan sampe mulai vaksin ini jalan. Jadi vaksin diharapkan Desember awal sudah jalan," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Jumat (18/9/2020).

Dia menargetkan 100 juta orang divaksin pada Desember hingga Januari nanti. Tenaga medis akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin COVID-19.

Jika target vaksin tersebut tercapai, kata Luhut, maka kasus akan lebih mudah dikendalikan. Menunggu vaksin tersedia, Luhut akan meminta pihak berwenang untuk terus mengawasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau itu terlalui sampai Januari 100 juta (orang) diinjeksi, mungkin (kasus corona) akan terkendali, karena tahun depan akan dapat 270 juta (orang) lebih," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X