Korea Utara Klaim Sukses Luncurkan Rudal Balistik Dari Kapal Selam

- Kamis, 3 Oktober 2019 | 11:10 WIB
Rudal balistik Pukguksong-3 saat meluncur ke permukaan air setelah ditembakan dari Kapal Selam Angkatan Laut Korea Utara, Rabu (2/10). (KCNA via Reuters).
Rudal balistik Pukguksong-3 saat meluncur ke permukaan air setelah ditembakan dari Kapal Selam Angkatan Laut Korea Utara, Rabu (2/10). (KCNA via Reuters).

Militer Korea Utara mengumumkan, berhasil melakukan ujicoba peluncuran submarine launched ballistic missile (SLBM) alias rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam ke daratan, pada Rabu (2/10).

Dilansir Reuters, Kamis (3/10), Korea Utara mengatakan ujicoba rudal balistik baru ini memberikan penekanan sekaligus meningkatkan pertahanan Korea Utara, jelang pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat.

Analis Semenanjung Korea sepakat, peluncuran yang dilakukan kemarin adalah ujicoba peluncuran rudal yang paling provokatif, terkait perkembangan kemampuan Korea Utara membuat rudal balistik antar benua.

"Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengirimkan ucapan selamat kepada para ilmuwan pertahanan, atas suksesnya ujicoba peluncuran tersebut. Ini berarti Kim Jong-un tidak menghadiri ujicoba peluncuran, seperti ujicoba sebelumnya," kata KCNA.

KCNA mengumumkan, SLBM baru yang diluncurkan kemarin diberi nama Pukguksong-3 dan memiliki kemampuan untuk diluncurkan secara vertikal dalam sudut tinggi, seperti prediksi militer Korea Selatan. Peluncuran yang dilakukan di Wonsan ini pun menandakan babak baru kemampuan persenjataan Korea Utara, khususnya di sektor rudal jelajah.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X