6 Perjalanan Bisnis Perusahaan Terkenal di Dunia

- Jumat, 28 Juni 2019 | 16:36 WIB
Pinterest/Brightside
Pinterest/Brightside

Untuk membangun bisnis yang sukses, kebanyakan orang berpikir harus dimulai dengan modal besar dan bangunan mewah. Padahal, itu tidak selamanya benar. Sebagian besar bisnis terkenal yang ada di dunia dan bertahan sampai saat ini berangkat dari sesuatu yang sederhana, seperti 6 perusahaan ternama ini:

1. Amazon

-
Brightside/Reddit

Pendiri Amazon, Jeff Bezos meninggalkan pekerjaannya sebagai Wakil Presiden D. E. Shaw & Co., sebuah perusahaan Wall Street. Alasan pengunduran dirinya itu karena dia ingin mencoba peluang dalam bisnis internet. 

Amazon merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia yang memberikan fasilitas buku online. Namun, tidak banyak yang tahu kalau dulunya Bezos memulai bisnis itu dari sebuah garasi pribadinya di Washington pada tahun 1999. Sejak itulah, Amazon menjadi pelopor belanja online dan bisnis penerbitan buku terbesar di dunia.

2. Dunkin' Donuts

Perusahaan donat terbesar di dunia ini didirikan oleh William Rosenberg. Dari pengalamannya, dia menemukan bahwa donat dan kopi adalah dua barang paling populer yang dijual. Dia kemudian memanfaatkan potensi bisnis tersebut dengan membuka "Open Kettle" di tahun 1948, sebuah restoran yang menjual donat dan kopi di Quincy, Massachussetts.

Namun, setelah berdiskusi dengan para eksekutif perusahaan pada tahun 1950, namanya diubah menjadi Dunkin 'Donuts. Restoran ini terbukti sukses dan Rosenberg mulai menjual waralaba pada tahun 1955. Pada tahun 1963, mereka telah membuka 100 toko Dunkin' Donuts yang tersebar di seluruh dunia.

3. Dairy Queen

-
Brightside/Dairy Queen

Formula es krim ini dikembangkan oleh John Fremont McCullough dan putranya bernama Alex pada tahun 1938. Mereka kemudian memasarkan es krim buatan mereka itu kepada para keluarga dan teman. Hingga akhirnya mereka mendapatkan kepercayaan dari seorang pelanggan bernama Sherb Noble yang memiliki toko es krim di Illinois.

Mereka pun menjual es krim mereka di toko es krim itu. Tak disangka, hanya dalam waktu 2 jam saja di hari pertamanya, lebih dari 1.600 porsi es krim habis terjual. Melihat kesuksesan ini, McCullough dan Noble memutuskan menjadi mitra bisnis. Mereka kemudian membuka toko Dairy Queen pertama pada tahun 1940 di Joliet, Illinois.

4. Coca Cola

-
Imgur

Seorang apoteker asal Amerika, John Stith Pemberton, menemukan minuman bersoda ini pada akhir abad ke-10. Minuman soda ini dimanfaatkan sebagai obat yang dijual bebas saat itu. Namun, tak lama sebelum kematiannya pada tahun 1888, Pemberton menjual hak atas minuman itu kepada pengusaha Amerika dan rekan apotekernya, Asa Griggs Candler. Kemudian, Candler mengembangkannya hingga menjadi terkenal sampai sekarang.

5. Burger King

-
Pinterest

Perusahaan burger ternama ini didirikan oleh Keith J. Kramer dan paman istrinya, Matthew Burns pada tahun 1953 dan menamakannya Insta-Burger King. Ketika bisnis mengalami kesulitan keuangan pada tahun 1954 dengan 2 franchisee yang berbasis di Miami, David Edgerton dan James McLamore membelinya. Kemudian, mereka mengganti namanya dengan Burger King. Pada 31 Desember 2018, Burger King melaporkan sudah memiliki lebih dari 17.500 gerai di 100 negara.

6. Harley Davidson

-
old.emosurf.com

Pada tahun 1901, William S. Harley dan temannya Davidson mendaki bukit di sekitar Milwaukee dengan sepeda motor. Mereka nekat mencapai puncak meski sepeda motor yang mereka pakai tidak memiliki pedal. Hingga akhirnya, mereka berinisiatif merakit prototype mesin baru di gudang belakang rumah keluarga Davidson.

Tahun 1906, Harley dan Davidson memulai pabrik pertama mereka dan memproduksi sekitar 50 sepeda motor tahun itu. Bisnis ini menjadi sangat sukses. Bahkan, belum ada pabrik sepeda motor besar di Amerika yang bisa menandinginya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X