Ngeri! Helikopter yang Ditumpangi Presiden Ditembaki KKB

- Sabtu, 26 Juni 2021 | 18:06 WIB
Ilustrasi KKB di Kolombia. (photo/Ilustrasi/Borgen Project)
Ilustrasi KKB di Kolombia. (photo/Ilustrasi/Borgen Project)

Helikopter yang ditumpangi oleh Presiden Kolombia, Ivan Duque dan pejabat lain mengalami serangan pada Jumat (25/6) waktu setempat.

Serangan itu terjadi ketika helikopter presiden terbang di atas wilayah Catatumbo Kolombia menuju kota Cucuta, ibu kota provinsi Norte de Santander, kata Duque.

"Yang jelas ini adalah serangan pengecut di mana lubang peluru bisa terlihat di pesawat kepresidenan," kata Duque.

Di dalam helikopter itu terdapat juga Menteri Pertahanan Diego Molano, Menteri Dalam Negeri Daniel Palacios, dan gubernur Norte de Santander Silvano Serrano.

Juru bicara kepresidenan mengatakan, insiden ini tidak melukai siapapun.

Personel keamanan telah diberi instruksi yang jelas untuk menemukan mereka yang berada di balik serangan terhadap helikopter itu, tambah presiden.

Wilayah Catatumbo yang bermasalah, di perbatasan Kolombia dengan Venezuela, mempunyai banyak kebun tanaman koka yang luas, bahan utama kokain. Di sinilah gerilyawan Tentara Pembebasan Nasional (ELN) sayap kiri beroperasi, mantan pejuang FARC yang menolak kesepakatan damai 2016 dengan pemerintah, bersama dengan kelompok kriminal bersenjata yang terlibat dalam perdagangan narkoba.

Bulan ini sebuah bom mobil diledakkan di sebuah pangkalan militer yang digunakan oleh Brigade Angkatan Darat ke-30 di Cucuta, melukai pasukan Kolombia dan penasihat militer AS.

Sementara Molano mengatakan serangan itu bisa saja dilakukan oleh ELN, kelompok pemberontak itu mengatakan mereka membantah memiliki peran dalam pengeboman itu.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X