Anies Ingin Jakarta Jadi Kota Layak Anak dan Ramah Perempuan

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 11:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ingin Jakarta menjadi kota yang mampu melindungi empat kelompok rentan, yaitu lansia, penyandang disabilitas, perempuan, dan anak

Menurut Anies, apabila keempat kelompok rentan tersebut dapat terlindungi dengan baik, maka perlindungan untuk seluruh warga Jakarta juga akan berjalan baik. 

“Kami ingin Jakarta menjadi kota yang layak anak dan ramah perempuan. Kita perlu ikhtiarkan dan intervensi, sehingga jangan sampai ada kejadian (kekerasan terhadap perempuan dan anak)," ucap Anies, Sabtu (11/12/2021). 

"Karena kami percaya bila empat kelompok rentan yang terdiri dari lansia, penyandang disabilitas, perempuan dan anak kita lindungi dengan baik, maka sisanya insyaallah aman. Kita harus keluarkan effort yang serius untuk melindungi empat kelompok ini,” katanya menambahkan.

Ia menyebutkan, perlindungan terhadap perempuan dan anak merupakan hal penting. Maka dari itu, sejak awal Pemprov DKI Jakarta telah memasukkan perlindungan terhadap perempuan dan anak ke dalam klasifikasi strategis, yang berimbas pada konsistensi kegiatan strategis daerah setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah di Jakarta. 

“Saya ingin garis bawahi, bahwa di Jakarta ini mengurusi berbagai macam urusan, dari menyiapkan ibu untuk proses persalinan sampai kepada mengurus jenazah. Dari mereka yang tak memiliki tanah, sampai pemilik gedung pencakar langit, semua diurusi, spektrumnya luas sekali,” kata Anies memaparkan.

“Namun kita harus pastikan bahwa urusan yang sifatnya penting itu terkelola dengan baik. Karena itu kami di Pemprov DKI Jakarta menerjemahkan ini ke dalam sistem manajemen, bahwa semua urusan penting masuk dalam klasifikasi strategis yang berimbas pada KSD (Kegiatan Strategis Daerah) semua Dinas, yang programnya harus jalan dan evaluasi bulanan,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X