NasDem Yakin Presiden Jokowi Mampu Kelola Pemerintahan Meski Menterinya Nyapres

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 11:10 WIB
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali. (Instagram/@madtu_madali)
Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali. (Instagram/@madtu_madali)

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali memandang wajar jika nama sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju masuk dalam bursa calon presiden 2024 sebagaimana yang ada di beberapa lembaga survei.

Pasalnya, menurut Ali, Kabinet Indonesia Maju diisi oleh tokoh politik hingga profesional. Kemudian juga mereka mempunyai hak memilih dan dipilih sebagaimana yang ada di dalam Undang-Undang.

"Kita tahu pemerintahan ini diisi oleh tokoh-tokoh politik, kader partai, profesional, yang secara politik mereka punya hak untuk memilih dan dipilih yang dilindungi undang-undang. Tentunya kita tidak bisa menutup hak politik orang. Kita juga tidak bisa membatasi masyarakat untuk memberikan penilaian," ujar Ali kepada wartawan dikutup Selasa (26/10/2021).

Meski begitu, lanjut Ali, Presiden Joko Widodo haruslah memikirkan ketika ada menteri yang kebetulan juga sebagai ketua umum partai atau lainnya yang ingin maju sebagai calon presiden.

Baca juga: Politikus PDIP Sarankan Jokowi Temui Ketum Parpol untuk Bahas Jadwal Pemilu 2024

Karena pastinya kinerja kabinet akan terganggu, mengingat menteri yang mencalonkan sebagai capres bakal menghabiskan waktunya untuk berkampanye dan mensosialisasikan dirinya kepada masyarakat.

"Presiden harus memikirkan itu, karena nanti kinerjanya pasti terganggu dan pelayanan masyarakat akan lemah," terangnya.

Namun demikian, Ali meyakini Presiden Jokowi memiliki perhitungan sendiri dan akan mengambil langkah yang bisa diterima oleh semua pihak terkait kemungkinan adanya menteri dalam kabinet yang akan menjadi capres.

"Kami percaya beliau akan mengelola pemerintahan secara profesional, dengan kepiawaian beliau untuk membawa perahu besar Indonesia sampai ke tujuannya," jelas Ali.

Selain itu dirinya memastikan jika para menteri yang berasal dari Partai NasDem tetap akan fokus  bekerja dan menjalankan roda pemerintahan dengan baik, sebab tidak ada diantaranya yang berniat mencalonkan diri sebagai capres.

"Insya Allah kalau kader NasDem tidak ada yang pecicilan dan genit di kabinet, apalagi punya keinginan untuk maju sebagai capres. Saya pastikan kader Partai NasDem clear," tegasnya lagi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X