Psikolog Ungkap Motif Ferdian Paleka Bagikan Sembako Berisi Sampah

- Selasa, 5 Mei 2020 | 20:52 WIB
Youtuber Ferdian Paleka. (Instagram/@ferdian.paleka.official).
Youtuber Ferdian Paleka. (Instagram/@ferdian.paleka.official).

Aksi Youtuber Ferdian Paleka yang melakukan prank kirim sembako berisi sampah kepada transpuan atau waria menuai kontroversi. Tidak sedikit yang mengecam aksi pemuda berusia 21 tahun itu. Bahkan kejadian tersebut sudah sampai ke ranah hukum karena korban melapor ke polisi.

Di sisi lain, ada pula yang bertanya-tanya motif di balik tindakan yang dilakukan oleh Ferdian. Menurut psikolog klinis dewasa Catharina Sri Indah Gunarti, M.Psi, ada beberapa alasan yang bisa mendasarinya. Pertama masalah ekonomi yang mulai menurun di tengah situasi pandemi Covid-19.

Kondisi ini membuat orang berpikir cara untuk menghasilkan uang. Bagi konten kreator, salah satu caranya adalah membuat konten yang bisa dilihat oleh banyak orang sehingga menjadi viral dan mendatangkan pemasukkan. Beberapa orang yang tidak berpikir panjang mungkin memilih untuk membuat konten yang negatif agar banyak dilihat.

"Dalam kondisi seperti ini, ekonomi menurun, kepepet, dan aktivitas terbatas, jadinya lebih kreatif karena ingin hasil instan. Sama kayak kita kalau lagi dikejar deadline, bisa lebih kreatif, produktif," ujar Indah kepada Indozone saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (5/5/2020). 

-
Youtuber Ferdian Paleka yang dicari polisi. (Instagram/@ferdian_palekapresent).

 

Bila dihubungkan antara kasus Ferdian dengan situasi saat ini, bagi-bagi sembako merupakan kegiatan yang sedang banyak dilakukan. Oleh karenanya konten bagi-bagi sembako yang dipilih untuk mengundang perhatian masyarakat untuk menonton.

"Mereka (Ferdian dan teman-temannya) melihat itu mungkin sebagai salah satu kesempatan, 'orang pasti senang nih kalau misalnya tentang bagi-bagi sembako' karena lagi jadi perhatian. Lalu kenapa dipilihnya waria, di sini bisa terlihat bahwa sepertinya diskriminasi dan stigma negatif terhadap kaum waria itu masih sangat besar," kata Indah.

Dalam videonya Ferdian memang mengatakan jika dia melakukan hal tersebut karena ingin membantu polisi. Sebab di saat PSBB seperti ini masih banyak transpuan yang ada di luar. Selain itu, kebanyakan pria juga terkadang memiliki perasaan tidak suka terhadap transpuan. 

"Jadi karena ketidaksukaan tersendiri, mereka beranggapan memberikan sesuatu seperti sampah itu lucu. Tapi mereka tidak berpikir panjang akan dampaknya. Mereka enggak mikir bahwa waria itu akan melaporkan ke polisi kemudian diproses lebih lanjut," ucap Indah.

Di sisi lain, tindakan Ferdian Paleka membagikan sembako berisi sampah kepada transpuan bisa dikategorikan sebagai salah satu aktivitas yang memicu adrenalin. Hal ini bisa menjadi alasan ia melakukannya.

"Jadi mereka memancing waria dengan memberikan sembako, lalu terlihat ekspresi senang dari waria padahal isinya adalah sampah dan batu. Mereka menantikan momen atau terbayang reaksi waria tersebut, entah marah atau apapun. Ini jadi tantangan sendiri sebab sesuatu yang memicu adrenalin cukup menarik karena terasa mendebarkan," pungkas Indah.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X