Kabut Asap Tunda Penerbangan di Bandara Internasional Penang

- Rabu, 18 September 2019 | 16:07 WIB
Kabut asap menyelimuti Bandara Internasional Penang (Penang International Airport), Malaysia. (thestar.com)
Kabut asap menyelimuti Bandara Internasional Penang (Penang International Airport), Malaysia. (thestar.com)

Beberapa penerbangan di Bandara Internasional Penang (Penang International Airport), Malaysia terpaksa ditunda karena kabut asap yang semakin pekat menyelimuti langit Penang.

Dilansir dari Star Online, Manajer Senior Malaysia Airports Holdings Bhd (MAHB) Mohd Nadzim Hashim mengatakan, jika jarak pandang dibawah 800 meter maka bandara akan ditutup.

"Saat ini jarak pandang berkisar 1.500 meter dan jangkauan visual untuk landasan sekitar 1.700 meter. Jadi baru penundaan penerbangan saja," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dua penerbangan dari Kualanamu, Medan, Indonesia ke Kuala Lumpur, Malaysia terpaksa harus kembali ke Indonesia (return to bas), karena kabut asap membuat jarak pandang rendah.

Selain itu, penerbangan dari Bangkok juga mengalami penundaan. Namun, ia menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada pembatalan penerbangan.

"Belum ada pembatalan, hanya penundaan. Namun, jika jarak pandang di bawah 800 meter bandara akan ditutup," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kabut asap di Malaysia terjadi sejak 5 September 2019, dan semakin memburuk pada Rabu (18/9). Indeks Pencemar Udara (API) mencatat kualitas udara berada di angka 202 dan masuk kategori tidak sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X