Rupiah Anjok, Bank Indonesia Terus Lakukan Intervensi Pasar

- Kamis, 19 Maret 2020 | 19:42 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (ANTARA/Puspa Perwitasari)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Bank Indonesia (BI) terus melakukan intervensi pasar sebagai upaya untuk menstabilkan nilai tukar rupiah yang saat ini berada dalam tekanan.  

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, Bank Indonesia terus memperkuat intensitas intervensi di pasar, baik di pasar spot, Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), maupun pembelian obligasi pemerintah alias Surat Berharga Negara (SBN) dari pasar sekunder. Bahkan menurut Perry, sejak awal 2020 BI telah melakukan pembelian SBN sebesar Rp192 triliun dari pasar sekunder yang dilepas oleh investor.

"Selama 2020 kami sudah membeli hampir Rp192 triliun SBN yang sudah dilepas oleh asing dan itu upaya menjaga stabilitas rupiah termasuk spot dan DNDF," ujar Perry melalui video confference, Kamis (19/3/2020). 

Perry juga menanggapi terkait dengan posisi rupiah yang terus tertekan dan terdepresiasi signifikan terutama dalam sepekan terakhir. Sebagaimana diketahui, pada Kamis (19/3/2020) pukul 16.00 WIB, rupiah merosot 4,57 % atau 695 poin menjadi Rp15.913 per dolar AS. 

-
Dollar Amerika Serikat (ANTARA)

Menurut Perry, pelemahan yang terjadi lebih disebabkan oleh kepanikan investor global akibat ketidakpastian yang kian membesar akibat wabah virus corona. Pelemahan mata uang juga terjadi pada mata uang lain di beberapa negara terhadap dolar AS.

Untuk itu, tegasnya, Bank Indonesia akan terus berada di pasar dan melakukan berbagai intervensi melalui bauran kebijakan yang dimilikinya dengan bersinergi dengan pemerintah, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami pastikan bahwa penentuan nilai tukar di pasar broker atau interbank berlangsung convergent. Saya tegaskan juga bahwa BI selalu berada di pasar dari pagi sampai sore untuk menjaga confidence (investor)," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X