Bahas Pemilu 2024, Hari Ini Komisi II DPR Rapat dengan Mendagri dan Penyelenggara Pemilu

- Kamis, 16 September 2021 | 09:26 WIB
Komisi II DPR akan rapat dengan Mendagri dan Penyelenggara Pemilu. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Komisi II DPR akan rapat dengan Mendagri dan Penyelenggara Pemilu. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Komisi II DPR RI akan menggelar rapat kerja bersama dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) beserta penyelenggara Pemilu mulai dari KPU, Bawaslu dan DKPP hari ini, Kamis (16/9/2021). Adapun rapat terkait dengan membahas persiapan dan kesiapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

Komisioner KPU I Dewa Raka Sandi mengatakan, sesuai dengan surat undangan yang diterima oleh pihaknya, rapat hari ini akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

"Sesuai surat undangan Pukul. 10.00 WIB akan diselenggarakan RDP di Komisi II," ujar Dewa kepada wartawan dikutip Kamis (16/9/2021).

Menurut Dewa dalam surat undangan perihal melanjutkan rapat kerja dan rapat dengar pendapat pada tanggal 6 September yang tertunda. Hal ini disebabkan karena tanggal 6 September lalu Mendagri Tito Karnavian tak bisa hadir karena sedang menjalankan tugas dari Presiden Jokowi ke Papua.

Baca juga: Anggota DPR RI Sebut Jika Kritik Adalah Bagian Dari Demokrasi

"Dalam surat disebutkan agendanya adalah melanjutkan raker dan RDP tanggal 6 September 2021," jelas dia.

Sebelumnya Pengambilan keputusan resmi terkait jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) nasional tahun 2024 harus ditunda. Hal ini disebabkan tidak hadirnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat dengar pendapat antara Komisi II DPR dengan penyelenggara pemilu.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan, Mendagri Tito Karnavian telah mengirimkan surat kepada pihaknya ihwal izin tidak bisa hadir dalam rapat tersebut karena diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua guna meninjau persiapan PON Papua hingga monitoring pelaksanaan Covid-19.

"Dan juga dalam hal menampung asprisasi dalam hal penyusunan rancangan peraturan pemerintah pasca sebagai tindak lanjut UU Otsus Papua, maka pak Menteri Dalam Negeri saat ini sedang berada di Tanah Papua dalam rangka menjalankan tugas dan arahan dari presiden," kata Doli di ruang rapat komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Karena Mendagri Tito tak bisa hadir secara langsung, Doli pun menyampaikan alangkah baiknya pengambilan keputusan mengenai penentuan jadwal pelaksaan Pemilu serentak tahun 2024 dapat dilakukan pada tanggal 16 September 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X