Cerita Warga Temukan Batu Diduga Meteor, Ada yang Melihat Percikan Api Jatuh di Lokasi

- Jumat, 23 April 2021 | 15:28 WIB
Bongkahan batu diduga pecahan meteor (Antara)
Bongkahan batu diduga pecahan meteor (Antara)

Robi Tamar (40), seorang warga Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mengaku telah menemukan batu meteor seberat 8 kilogram dalam berbagai ukuran.

Ia mengatakan menemukan batu tersebut di lahan kebun pepaya miliknya pada Februari 2021 lalu.

Robi menuturkan, penemuan itu bermula ketika ada warga yang mengaku melihat api berukuran besar seperti jatuh di kebunnya pada akhir tahun 2020 lalu. Hal itu awalnya tidak terlalu digubris Robi.

Walaupun itu benar, ia juga tidak terlalu memperdulikan kondisi kebunnya yang saat itu harga komoditas hasil kebun tersebut sedang turun.

Hingga akhirnya pada Februari lalu ketika ia menemukan serpihan batu bekas terbakar. Ia pun menduga batu tersebut merupakan meteor yang jatuh di kebunnya.

Lalu, selanjutnya ia melihat daun kelapa dan pepaya di kebunnya terlihat bekas terbakar dan menemukan batu tertancap di tanah yang dikelilingi batu itu terdapat tanah yang menyembul seperti bekas ledakan.

Setelah itu ia pun mencoba mencari tahu informasi tentang batu yang ditemukannya itu dengan mendatangi ke Komunitas Meteor Indonesia.

Dari situ ia mendapat informasi bahwa batu yang ditemukannya itu merupakan bongkahan batu meteor.

Robi juga mengaku telah menghubungi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk memastikan material batu tersebut. Katanya batu temuannya itu selanjutnya akan diuji di LAPAN.

Ia mengatakan dirinya bersedia menjual batu yang ditemukan tersebut namun dengan catatan si pembeli akan menggunakannya untuk edukasi.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X