Jokowi: Kita Beruntung Punya Mendikbud Nadiem Makarim yang Berpengalaman di Teknologi

- Rabu, 15 Desember 2021 | 15:44 WIB
Presiden Jokowi. (Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi. (Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia beruntung memiliki Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Hal tersebut disampaikan Jokowi ketika memberikan sambutan dalam acara Gerakan Akselerasi Generasi Digital yang disiarkan secara langsung melalui akun Youtube Sekretariat Presiden.

"Kita beruntung Menteri Pendidikan kita memiliki pengalaman di dalam perusahaan teknologi, Mas Nadiem. Untung banget kita," ucap Jokowi, Rabu (15/12/2021).

Pasalnya, menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, Nadiem selalu bisa menjawab tantangan yang diberikan, terutama dalam hal menciptakan talenta di bidang digital.

Baca juga: Nadiem Bantah Permendikbud Dukung Zina dan Seks Bebas di Kampus: Itu di Luar Konteks

Ketika diberi tantangan tersebut, Jokowi mengungkapkan bahwa Nadiem mampu menciptakan Kampus Merdeka. Dari situ, mahasiswa akan diberikan pengalaman bekerja di perusahaan digital setelah lulus.

"Kalau kita tidak bisa menyiapkan ini, akan sulit sekali bagi kita untuk mengejar negara-negara lain. Dan kuncinya, sekali lagi, dalam jumlah yang banyak," terangnya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta kepada semua perusahaan teknologi, semua perusahaan besar agar mau ditempati untuk magang mahasiswa-mahasiswa, guna mengalami perubahan yang cepat terkait dunia digital.

"Mindset digital ada, skill digital ada, sehingga terbentuk sebuah kultur digital di negara kita," tandas Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X