POPULER: Demo Pemuda Pancasila Ricuh hingga Cek Fakta Uang Kertas Nominal Rp1 Juta

- Senin, 29 November 2021 | 09:07 WIB
Kiri: Konferensi pers Polda Metro kasus ricuh demo ormas Pemuda Pancasila (PP) di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah). / Kanan: Uang kertas nominal Rp1 juta (TikTok)
Kiri: Konferensi pers Polda Metro kasus ricuh demo ormas Pemuda Pancasila (PP) di Mapolda Metro Jaya, Jakarta. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah). / Kanan: Uang kertas nominal Rp1 juta (TikTok)

Beberapa waktu lalu, aksi unjuk rasa yang terjadi di depan Gedung DPR/MPR yang digelar oleh Pemuda Pancasila berakhir ricuh.

Terkait dengan ini, Polda Metro Jaya menyebut jika aksi ormas PP ini bak diatas hukum. Ini penjelasannya.

1. Demo Ricuh, Polda Metro: Ormas Pemuda Pancasila Merasa di Atas Hukum

Aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta yang digelar ormas Pemuda Pancasila (PP) berakhir ricuh. Polda Metro Jaya menyebut aksi ormas PP bak di atas hukum karena menyerang aparat kepolisian.

"Ini perlu dicatat, ormas PP dalam kegiatan hari ini menempatkan mereka di atas para hukum yang buka lawan mereka tapi aparat yang mengamankan kegiatan mereka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Zulpan menyebut pihaknya menyesalkan  aksi ricuh dan perlawanan petugas yang dilakukan oleh massa pendemo. Dia juga menyebut tidak ada ormas yang berada di atas hukum.

"Jadi tidak boleh ada organisasi manapun yang menempatkan diri di atas hukum," beber Zulpan.

Baca selengkapnya: Demo Ricuh, Polda Metro: Ormas Pemuda Pancasila Merasa di Atas Hukum

2. CEK FAKTA: Viral Pemerintah Keluarkan Uang Kertas Nominal Rp1 Juta

Viral di media sosial video yang mengklaim telah ada uang baru di Indonesia pecahan Rp1 juta. Video ini pun menuai beragam komentar dari netizen soal betapa menyulitkannya jika punya selembar uang Rp1 juta.

Namun, ada pula netizen yang menyadari tulisan "uang spesimen Perum Peruri 1.0" di uang Rp1 juta tersebut. Bank Indonesia juga menegaskan bahwa tidak benar pemerintah mengeluarkan uang pecahan Rp1 juta.

Direktur sekaligus Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan mengatakan uang nominal terbesar yang berlaku di Indonesia adalah Rp100 ribu.

Di sisi lain, Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) juga mengatakan memang mengeluarkan uang spesimen. 

Baca selengkapnya: CEK FAKTA: Viral Pemerintah Keluarkan Uang Kertas Nominal Rp1 Juta

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X