Anies Beri Vaksin Moderna ke Pengidap Autoimun dan Komorbid, Ini Alasannya

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menyuntikan vaksin Covid-19 jenis Moderna kapada masyarakat yang termasuk kelompok gangguan imunitas, yakni di dalamnya autoimun, dan komorbid. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap agar seluruh warga DKI Jakarta tervaksinasi lebih cepat, termasuk kelompok immunocompromised atau gangguan imunitas. 

“Di dalam kelompok tersebut, ada autoimun, tapi bukan hanya itu, orang yang mendapat pengobatan berkepanjangan berdampak pada turunnya imunitas,” ucap Anies dalam keterangannya, Minggu (22/8/2021). 

Anies juga menjelaskan alasan Moderna dipilih untuk diberikan pada kelompok yang memiliki kompleksitas imunitas, yakni karena, vaksin itu berbasis messenger RNA (mRNA). 

Oleh sebab itu, apabila sibandingkan vaksin tradisional yang berisi virus yang dilemahkan, vaksin mRNA diketahui memiliki tingkat efikasi yang tinggi, terutama untuk penyakit berat. 

“Nah, uji klinis Moderna menunjukkan, vaksin ini bisa sangat memberikan manfaat bagi orang yang punya komorbid berat juga, penyakit paru, jantung, obesitas, diabetes, liver dan infeksi HIV, selain mereka yang autoimun," ungkapnya. 

"Sebetulnya, bukan merk Moderna-nya, tetapi jenis metode mRNA ini yang kemudian ditemukan aman dan efektif bagi mereka yang memiliki gangguan imunitas, salah satu merknya adalah Moderna,” papar Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X