Razia Lapas Padang, Petugas Gabungan Sita 20 Ponsel, Dihancurkan Lalu Direndam Air Garam

- Rabu, 7 April 2021 | 10:33 WIB
 Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, R Andika Dwi Prasetya (tengah), menunjukkan barang-barang hasil sitaan dari kamar warga binaan di LP Padang, Selasa malam (6/4). (ANTARA/FathulAbdi)
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, R Andika Dwi Prasetya (tengah), menunjukkan barang-barang hasil sitaan dari kamar warga binaan di LP Padang, Selasa malam (6/4). (ANTARA/FathulAbdi)

Petugas gabungan yang terdiri dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat dan Lembaga Pemasyarakatan Padang berhasil menyita 20 unit ponsel saat menggelar razia pada Selasa malam (6/4).

"Puluhan ponsel ditemukan ketika menggeledah dua blok hunian di LP Padang," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, R Andika Dwi Prasetya, di Padang, Rabu (07/04), seperti dilansir Antara.

Adapun puluhan ponsel yang disita itu langsung dihancurkan dengan cara dipukul lalu direndam ke dalam air garam.

Bukan hanya ponsel, petugas juga menyita sejumlah barang terlarang lainnya berupa 18 unit charger, 14 sendok besi, dua gunting, tiga senjata tajam dari besi, dan enam botol kaca. Lalu ada enam colokan kabel, 11 korek api, 15 earphone, sejumlah set kartu koa, remi, serta domino.

Ia mengatakan bahwa razia itu digelar sebagai langkah deteksi dini untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban akibat barang terlarang.

Selain itu juga sebagai bentuk komitmen pihaknya dalam memberantas peredaran narkotika dan pungutan liar di lingkungan LP. Razia dilaksanakan secara gabungan melibatkan personel TNI, polisi, dan BNNP Sumatera Barat.

Kepala LP Padang, Era Wiharto mengatakan bahwa tidak ada barang berupa narkotika yang ditemukan. Hasil razia itu menjadi pijakan mereka untuk menggencarkan razia ke depan.

"Pengawasan akan terus diperketat agar benda-benda semacam ini tidak masuk lagi ke LP ataupun rumah tahanan," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa tidak akan segan-segan menjatuhkan sanksi kepada pegawai yang lengah, apalagi sengaja membiarkan barang itu masuk ke LP atau rumah tahanan.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X