Kota Tua Ditutup, Warga Masih Nekat Berkerumun di Kali Besar

- Senin, 25 Mei 2020 | 00:15 WIB
Pengunjung dan pedagang kaki lima yang nekat membuat keramaian di masa PSBB di kawasan Kali Besar, Jalan Kali Besar Timur, Tamansari. Jakarta Barat, Minggu (24/5/2020). (Photo/ANTARA/Devi Nindy)
Pengunjung dan pedagang kaki lima yang nekat membuat keramaian di masa PSBB di kawasan Kali Besar, Jalan Kali Besar Timur, Tamansari. Jakarta Barat, Minggu (24/5/2020). (Photo/ANTARA/Devi Nindy)

Setelah Kota Tua ditutup akibat banyaknya warga yang melanggar aturan PSBB dan berkerumunan, kini warga Jakarta masih nekat berkerumun di kawasan Kali Besar, Jalan Kali Besar Timur.

Keramaian itu terbentuk akibat warga dan pedagang kaki lima (PKL) menghabiskan malam Lebaran mereka di wilayah tersebut. Para pengunjung terdiri dari remaja, hingga keluarga kecil yang membawa anak-anak.

Banyak dari mereka yang tidak taat aturan PSBB, seperti tidak menggunakan masker dengan benar, atau tidak mengenakan masker sama sekali. Bahkan pengunjung dan pedagang kaki lima banyak berkerumun di sekitar Jembatan Merah dengan duduk-duduk lesehan sembari makan bakso, maupun berswafoto.

"Maunya kan ke Kota Tua malam Lebaran ini, tapi geser ke sini, karena tutup. Cuma sebentar aja nongkrong di sini," ujar salah satu pengunjung di sana, Andini (23).

Selain pengunjung yang semakin bertambah, lapak PKL juga semakin bertambah. Mulai dari lapak makanan dan minuman, hingga ramal dan permainan catur.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Barat Tamo Sijabat mengatakan pihaknya menjaga ketat kawasan Kota Tua agar tak menimbulkan keramaian selama masa PSBB dan Lebaran Idul Fitri.

"Malam ini Kota Tua kami jaga maksimal supaya sepi," ujar Tamo.

Tamo juga menjelaskan, kerumunan warga dan PKL sempat dibubarkan pukul 19.00 WIB, namun masih banyak warga dan PKL yang nekat datang.

"Masih banyak warga dan PKL yang nekat datang, tapi akhirnya dihalau kembali ke rumah mereka masing-masing," ujar dia.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X