Jumlah Harta Kekayaan 6 Menteri Baru Jokowi, Menteri Sandiaga Paling Tajir

- Rabu, 23 Desember 2020 | 10:06 WIB
6 menteri baru Jokowi (ANTARA FOTO/Setpres/Laily Rachev)
6 menteri baru Jokowi (ANTARA FOTO/Setpres/Laily Rachev)

Presiden Jokowi resmi mengganti enam orang menterinya. Mereka adalah Tri Rismaharini, Sandiaga Salahuddin Uno, Budi Gunadi Sadikin, Yaqut Cholil Qoumas, Sakti Wahyu Trenggono, dan M. Lutfi.

Lalu, berapakah harta kekayaan enam menteri baru di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ini? Berdasarkan penelusuran di laporan LHKPN, enam menteri baru ini pernah melaporkan total harta kekayaannya ke KPK.

Berikut daftar harta kekayaan mereka.

1. Tri Rismaharini (Menteri Sosial)

-
Mensos baru, Tri Rismaharini (Instagram/sekretariat.kabinet)

Mensos Risma terakhir kali melaporkan harta kekayaannya pada 27 Maret 2019, senilai Rp7,1 miliar.

Harta Risma terdiri tanah dan bangunan senilai Rp6,4 miliar, alat transportasi dan mesin (dua unit mobil) Rp985 juta, harta bergerak lainnya Rp85 juta serta kas dan setara kas Rp580 juta. Ia juga tercatat memiliki utang senilai Rp952 juta.

2. Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

-
Menparekraf baru, Sandiaga Uno (Instagram/sekretariat.kabinet)

Sandiaga terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 2018 silam, saat maju sebagai Cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Kala itu, harta kekayaanya berjumlah Rp5,09 triliun. Rinciannya adalah harta berupa tanah dan bangunan senilai Rp191 miliar, alat transportasi dan mesin (dua unit mobil) Rp325 juta.

Baca juga: Beredar Kabar Jokowi akan Lantik 5 Wakil Menteri, Ini Daftar Namanya

Harta bergerak lainnya Rp3,2 miliar, surat berharga Rp4,7 triliun, kas dan setara kas Rp495 miliar, dan harta lainnya Rp41 miliar. Ia juga tercatat memiliki utang Rp340 miliar.

3. Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan)

-
Menkes baru, Budi Gunadi (Instagram/sekretariat.kabinet)

Budi terakhir melaporkan hartanya pada 17 Maret 2020, dengan jabatan sebagai Wamen BUMN. Hartanya adalah Rp161 miliar.

Budi Gunadi mempunyai harta terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp89 miliar, alat transportasi dan mesin (tiga unit mobil) Rp1,02 miliar, harta bergerak lainnya Rp4,3 miliar, surat berharga Rp63,2 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp4,2 miliar.

4. Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama)

-
Menag baru, Yaqut Cholil (Instagram/sekretariat.kabinet)

Ketua GP Ansor ini memiliki harta kekayaan senilai Rp936 juta, berdasarkan laporan terakhir di tahun 2018, dengan posisi sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Fraksi PKB.

Yaqut memiliki harta terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp47 juta, alat transportasi dan mesin (dua unit mobil) Rp882 juta, harta bergerak lainnya Rp1,5 juta, serta kas dan setara kas Rp5,8 juta.

5. Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan)

-
Menteri KKP baru, Sakti Wahyu (Instagram/sekretariat.kabinet)

Berdasarkan laporan harta kekayaan pada Januari 2020, Sakti memiliki total harta sebanyak Rp1,9 triliun, dengan jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X