Kurang Aman, Pengendara Sepeda Motor Kerap Melintas di Jalur Sepeda

- Sabtu, 12 Oktober 2019 | 10:50 WIB
Pengendara motor memasuki jalur khusus sepeda ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc)
Pengendara motor memasuki jalur khusus sepeda ( ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah menyiapkan jalur khusus untuk sepeda. 

Di beberapa ruas jalan Jakarta, terdapat jalanan khusus peseda, namun jalur tersebut dirasa masih kurang aman. 

Pesepada yang melalui jalur khusus tersebut menyatakan masih merasa tidak aman karena kerap dipepet pemotor. 

"Sudah bagus, cuma untuk keamanannya masih kurang," ujar Nandi, saat ditemui di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Sabtu (12/10).

Nandi merasakan masih belum cukup nyaman dan aman, karena sejumlah pengguna sepeda motor masih menerobos masuk ke jalur sepeda.

"Sepertinya jangan hanya marka saja, tetapi perlu dibangun pembatas seperti di jalur Trans Jakarta agar tidak ada yang menerobos," kata Nandi.

Nandi menjelaskan kalau lalu lintas masih lengang seperti sekarang tidak masalah karena masih dapat dilewati dengan nyaman, namun sepeda motor banyak menerobos jalur sepeda saat sudah macet atau memasuki jalur padat.

Setiap hari, Nandi beraktivitas dengan menggunakan sepeda, ia berharap agar pemerintah segera membangun pembatas jalan untuk jalur sepeda, terutama di sepanjang Jalan Pemuda dan Pramuka. 

Selain Nandi, pesepeda lainnya Fairus juga merasa bahwa jalur sepeda yang ada di Jakarta Timur belum cukup aman.

"Seneng, jadi para pengguna sepeda punya jalur khusus jadi tidak lewat trotoar lagi, tapi masih kurang aman karena masih banyak motor yang masuk dan parkir sembarangan di jalur sepeda," ucap Fairus.

Para pengguna sepeda juga harus lebih berhati-hati, karena jalur sepeda di Jalan Pemuda dan Jalan Pramuka banyak penutup saluran air.

"Ada penutup saluran air jadinya jalanan gak mulus," kata Fairus yang kerap bersepeda ke kampus.

Sejauh ini, para pengguna sepeda merasa cukup senang dengan adanya jalur sepeda, sehinggap mereka tidak perlu mengayuh sepeda di trotoar, namun tetap harus diikuti tindakan tegas polisi terutama bagi pemotor yang masih suka menerobos jalur sepeda.

Sedangkan Muniroh, seorang pedagang yang sehari-hari menggunakan sepeda untuk menjajakan dagangannya, mengatakan merasa sangat terbantu dengan adanya jalur sepeda.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X