Donald Trump Meminta Jepang Untuk Tingkatkan Ikatan dengan AS

- Minggu, 19 Januari 2020 | 18:03 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (photo/REUTERS/Leah Millis)
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (photo/REUTERS/Leah Millis)

Menandai Peringatan ke-60 Tahun penandatangan perjanjian keamanan AS-Jepang, Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta Jepang bisa memperkuat ikatan antara kedua negara.

Permintaan itu dinyatakan Trump kendati sang presiden AS enam bulan lalu mengkritik perjanjian tersebut.

"Pada saat lingkungan keamanan terus berkembang dan tantangan baru bermunculan, penting bagi kita untuk memperkuat dan memperdalam persekutuan kita," kata Trump dalam pernyataan yang dikeluarkan, Sabtu (18/1).

"Saya yakin bahwa dalam beberapa bulan dan beberapa tahun ke depan, sumbangan Jepang bagi keamanan bersama kita akan terus meningkat, dan persekutuan akan terus tumbuh subur." lanjut dia.

Pada Juni tahun lalu, Trump mengatakan dalam konferensi pers di Jepang bahwa perjanjian 1960 yang ditandatangani 60 tahun lalu, tidak "adil" dan harus diubah.

Ia menggemakan kembali pandangan lamanya bahwa Jepang mendapatkan keuntungan dalam bidang pertahanan tanpa banyak mengeluarkan biaya.

Saat itu, Trump juga mengatakan bahwa ia tidak berpikir akan menarik AS dari perjanjian tersebut.

Berdasarkan perjanjian, Amerika Serikat berkewajiban untuk melindungi Jepang. Menurut undang-undang dasar Jepang, yang dirancang AS, Jepang melepaskan hak untuk melancarkan perang setelah Perang Dunia Ke-2.

Sebagai imbalan atas perlindungan AS, Jepang menyediakan pangkalan-pangkalan militer yang digunakan Amerika Serikat untuk meluaskan kekuatan di Asia.

Perjanjian itu pertama kali ditandatangani pada 1951 dan direvisi pada 1960 di bawah pemerintahan kakek Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Nobusuke Kishi, yang saat itu menjabat sebagai perdana menteri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X