Meskipun Seram, Ini Alasan Orang Tertarik dengan Cerita Horor

- Sabtu, 31 Agustus 2019 | 15:28 WIB
photo/Pixabay
photo/Pixabay

Banyak orang suka dengan cerita-cerita horor, entah itu dari teman, baca buku, atau nonton film. Genre horor masih menjadi favorit banyak orang. Selain karena ceritanya penuh kejutan, kisah horor selalu memberikan rasa penasaran dengan ending-nya.

Orang-orang yang suka genre horor pun sebenarnya sering merasa takut dan ogah-ogahan ketika mendengarkannya. Tapi, karena penasaran tadi itulah, mereka pun tertarik mengikuti alur ceritanya.

Dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Sabtu (31/8), berikut ini 4 alasan orang tertarik dengan cerita horor:

1. Cerita Horor Dekat dengan Keseharian

-
photo/Pixabay

Salah satu alasan cerita horor selalu menarik untuk didengarkan karena ceritanya terkait dengan kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Misalnya, bertemu sosok misterius di parkir mobil mal atau diganggu makhluk halus saat melewati jalan sepi.

2. Alur Cerita Penuh Hal Mengagetkan

-
photo/Pixabay

Alur atau plot cerita horor biasanya tidak cepat dan diisi dengan hal-hal mengagetkan. Selain itu, cerita horor membuat orang merasakan suasana yang mengerikan hanya dengan gambaran sederhana tanpa menunjukkan subjek secara langsung. Inilah yang menjadi kekuatan dalam cerita horor.

3. Penghilang Penat dan Stres

-
photo/Pixabay

Cerita-cerita horor bisa menjadi salah satu cara menghilangkan penat dan stres karena pekerjaan atau sebagainya. Hal ini dikarenakan cerita horor sebagai bentuk hiburan yang bisa menghapus rasa bosan. Selain itu, membuat orang merasa seolah masuk ke dalam dunia yang menyeramkan. Tentu, segala macam tekanan pun jadi terlupakan.

4. Meningkatkan Keberanian

-
photo/Pixabay

Alasan berikutnya adalah film horor mengajarkan orang-orang untuk menangani rasa takut yang berasal dari dalam diri sendiri. Itulah yang membuat kita langsung menutup mata atau telinga ketika kita merasa takut dengan cerita horor.

"Dalam psikologi, itu disebut dengan regulasi emosional. Cerita horor membuat seseorang dapat mengontrol rasa takut pada diri sendiri dan dapat mengalihkan perhatian dari perasaan lain," kata psikolog Svein Age Kjos Johnsen.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X