Hasil SNMPTN Diumumkan Hari Ini, LTMPT: Lulus Belum Tentu Diterima PTN

- Rabu, 8 April 2020 | 12:44 WIB
Ilustrasi kelulusan. (Pixabay/greymatters).
Ilustrasi kelulusan. (Pixabay/greymatters).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Rabu (8/4/2020) pada pukul 13.00 WIB.

Kendati demikian, Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih mengatakan bahwa pengumuman hari ini tidak berarti bila mereka yang lulus akan diterima di PTN.

Melalui konferensi pers secara daring, Mohammad Nasih ini menuturkan, hasil yang diumumkan bulan ini merupakan pengumuman lulus atau tidak lulus seleksi SNMPTN, bukan diterima atau tidak diterima PTN.

Sebab, masih dibutuhkan beberapa proses lanjutan seperti verifikasi data baru kemudian PTN akan menetapkan status diterima atau tidak.

“Status penerimaan bagi saudara yang dinyatakan lulus seleksi sebagai mahasiswa akan ditetapkan setelah PTN melakukan verifikasi data akademik seperti rapor atau portofolio. Apakah betul rapor yang dikirimkan sesuai dengan kondisi riilnya. Kalau tidak benar, otomatis status kelulusannya akan dibatalkan dan berarti tidak bisa diterima,” jelas Nasih.

Tidak hanya itu, Nasih juga mengingatkan kembali kepada peserta yang dinyatakan lulus SMPTN untuk mencermati peraturan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing PTN. Karena setiap PTN memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

“Ketidakcermatan dalam memenuhi ketentuan PTN tujuan dapat mempengaruhi kelulusan saudara yang diterima tadi akan bisa dibatakkan dan tidak jadi diterima di PTN tersebut.," ucapnya.

"Misalnya, verifikasi atau lapor diri itu dilakukan pada 10 April, ternyata karena saudara tidak membaca maka baru bukanya 15 April. Alhasil sudah terlambat sehingga tidak bisa melakukan daftar diri. Dalam posisi ini ketidakcermatan menyebabkan kelulusan saudara akan menjadi batal,” tegasnya.

Sebelumnya, Nasih mengatakan jumlah siswa yang mendaftar SNMPTN 2020 sebanyak 489.601 peserta dari 15.296 sekolah. Sedangkan peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) mencapai 95.346 siswa.

Jumlah peserta yang diterima ini hanya mencapai 94,82 persen jika dibandingkan dengan daya tamping total SNMPTN 2020 yakni sebesar 101.772 peserta.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X