6 Kasus Besar Ini Ternyata Diungkap Ferdy Sambo, Ada Bom Sarinah sampai Kopi Sianida

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:10 WIB
Irjen Ferdy Sambo dan mendiang Brigadir J. (Facebook/Rohani Simanjuntak)
Irjen Ferdy Sambo dan mendiang Brigadir J. (Facebook/Rohani Simanjuntak)

Meski berstatus sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J, sosok Irjen Pol Ferdy Sambo tidak bisa lepas dari prestasinya selama berkarier di institusi Bhayangkara. Banyak pengungkapan kasus besar yang sudah dia lakukan bersama timnya.

Kamis (11/8/2022), Indozone mencoba merangkum secara singkat kasus-kasus besar yang sempat menjadi perhatian publik namun berhasil diungkap oleh Polri dengan didalamnya ada sosok Ferdy Sambo. Ingat dengan slogan Turn Back Crime? Di balik slogan tersebut juga ada sosok Sambo di belakangnya.

Berikut rangkuman singkat kasus besar yang diungkap Sambo dan timnya:

1. Ungkap Kasus Bom Teroris Sarinah

Pada 2016 silam, terjadi aksi pengeboman oleh teroris di Sarinah, Jakarta Pusat. Kasus ini menarik perhatian karena terjadi aksi baku tembak antara teroris dengan polisi bak di film-film action.

Dari peristiwa ini, puluhan orang menjadi korban. Ferdy Sambo sendiri saat itu menjabat sebagai Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya dan terlibat dalam penanganan kasus ini hingg Polri berhasil menangkap dalang pengemboman ini yakni Aman Abdurrahman.

2. Bersama Polda Metro Bongkar Kasus Kopi Sianida

Masih ingat dengan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin oleh Jessica Wongso menggunakan kopi berisi sianida? Kasus ini diketahui diusut dan dibongkar oleh Polda Metro Jaya.

Sambo sendiri berada dalam tim pengungkapan kasus ini sebab, dia masih menjabat sebagai Wadir Reskrimum mendampingi Dir Krimum Krishna Murti.

3. Penangkapan Buronan Djoko Tjandra

Di 2020, Sambo sendiri sudah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri dengan menyandang pangkat Brigjen alias jenderal polisi bintang satu. Dia berperan bersama Kabareskrim terdahulu yaitu Jenderal Listyo Sigit menangkap kembali Djoko Tjandra.

Djoko Tjandra diketahui merupakan terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali yang melarikan diri keluar negeri saat akan dieksekusi. Penangkapan kembalinya Djoko Tjandra menjadi titik terang karier Sambo.

4. Ungkap Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Masih di 2020, kebakaran melanda Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta saat kasus Djoko Tjandra kembali panas. Bareskrim Polri menangani kasus kebakaran itu hingga akhirnya membeberkan penyebab kebakaran secara ilmiah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X