Respons Arahan Presiden Jokowi, Ganjar Janji Antisipasi Bencana Daerah Ditingkatkan

- Kamis, 2 Maret 2023 | 19:01 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, (ANTARA FOTO/HO-Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, (ANTARA FOTO/HO-Humas Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, merencanakan pencadangan anggaran sebagai langkah kesigapan sekaligus mengantisipasi bencana. Anggaran tersebut nantinya masuk dalam dana abadi penanggulangan bencana daerah.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengikuti Rakornas Penanggulangan Bencana yang dihelat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tahun 2023. Rakornas bertema Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana itu mendorong seluruh pihak untuk lebih sigap dan tanggap bencana.

"Semua mesti siap-siap ya. Tidak hanya dari sisi teknis, tapi perencanaan, penganggaran, lalu koordinasi antar wilayah, saya kira Indoman Fund penting untuk dibuat atau dana abadi yang penting dicadangkan untuk membantu daerah lain, kerja sama dengan daerah lain atau merencanakan untuk daerah sendiri," ujar Ganjar di Jakarta International Expo Kemayoran Hall, Jakarta Pusat pada Kamis (2/3/2023).

-
Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia)

Baca Juga: Lakukan Revitalisasi Bangunan Sekolah di Jateng, Ganjar Bakal Terapkan Hal Ini

Pemprov Jawa Tengah juga telah menganggarkan Rp73,11 miliar dari APBD Tahun 2023 untuk penanggulangan bencana. Besaran nilai tersebut membuat Jawa Tengah berada di urutan ketujuh provinsi dengan anggaran penanggulangan bencana tertinggi dan membuktikan keseriusan Pemprov Jawa Tengah untuk kesiapsiagaan bencana.

Selain anggaran cadangan, lanjut Ganjar, kesigapan mengantisipasi bencana juga harus dilakukan sedini mungkin. Hal itu dapat dimulai dari tata kelola ruang, beserta perizinannya yang harus lebih diperhatikan.

"Ketika merencanakan pembangunan di tempat masing-masing mesti mempertimbangkan kondisi kebencanaannya. Satu, kendali tata ruang ternyata penting. Maka kalau memberi izin betul-betul diperhatikan. Jangan karena tanahnya kosong, tapi itu daerah bahaya terus izinnya dimudahkan itu akan jadi bahaya," jelas Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar mendorong seluruh kepala daerah untuk mulai mengadakan kegiatan latihan tanggap bencana di daerahnya masing-masing, mengingat letak geografis negara Indonesia yang rawan bencana.

Ganjar pun mengusulkan agar latihan kebencanaan dilakukan dengan rutin, agar seluruh pihak dapat mengantisipasi dan menanggulangi bencana dengan lebih sigap.

"Awareness di kepala daerahnya itu bisa tambah bagus. BNPB menawarkan 'Pak Gub dimulai dari Jawa Tengah yuk' seluruh kepala daerah latihan kebencanaan. Saya setuju, taruh satu pulau tidak boleh pulang. Saya bilang kita akan latihan bersama, jadi ini banyak yang menginspirasi untuk kita makin peduli," ucap Ganjar.

Baca Juga: Lakukan Revitalisasi Bangunan Sekolah di Jateng, Ganjar Bakal Terapkan Hal Ini

Sebagai informasi, Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023 dibuka langsung Presiden Joko Widodo, dihadiri jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju dan seluruh stakeholder, termasuk kepala daerah, kepala BPBD dan badan relawan bencana se-Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X